LIFESTYLE

Ingin Kuliah Tapi Khawatir Biaya? Yuk Ikutin 5 Tips Ini Untuk Dapatkan Beasiswa

Monday, 12/04/2021 18:06 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Ingin Kuliah Tapi Khawatir Biaya? Yuk Ikutin 5 Tips Ini Untuk Dapatkan Beasiswa
freepik.com

Girls, pastinya kamu sudah nggak asing lagi dong dengan istilah ‘Beasiswa’? yap beasiswa merupakan cara alternatif yang bisa diikuti semua orang untuk mendapatkan bantuan biaya kuliah. Dengan mengikuti program beasiswa, kamu bisa mendapatkan pendidikan di universitas tanpa harus membuat orang tua pusing memikirkan biaya yang mahal. Wah pastinya, kamu juga tertarik dong untuk mendapatkan beasiswa? Kalau kamu ingin mencari tahu tips mendapatkan beasiswa, segera ikuti 5 tips ini!

Sering Melakukan Riset dan Mencari Informasi Mengenai Beasiswa


Untuk mengetahui informasi mengenai beasiswa tentunya kamu harus rajin melakukan riset nih girls. Untuk mengetahui beasiswa apa saja yang sedang diselenggarakan kamu dapat mengecek portal website khusus informasi beasiswa atau mengikuti social media yang sering membagikan info beasiswa girls. Pastikan untuk selalu membaca dengan teliti mengenai kualifikasi serta ketentuannya ya!

Pahami Jenis Beasiswa yang Diinginkan


Beasiswa memiliki jenis yang beragam banget dan harus kamu pahami supaya tak salah pengertian nih girls. Beberapa jenis beasiswa yang paling umum ditemukan adalah beasiswa dari pemerintah, beasiswa dari pihak swasta, beasiswa dari organisasi, komunitas atau yayasan dan sebagainya. Biasanya, pihak penyelenggara beasiswa tersebut memiliki kualifikasi khusus tersendiri yang wajib diikuti seperti syarat IPK, gender dan sebagainya. Dari fasilitas yang akan diberikan pun sangatlah bervariasi, ada beasiswa penuh yang akan menanggung semua kebutuhan kuliah seperti biaya universitas hingga biaya hidup sehari-hari atau beasiswa sebagian yang hanya menanggung beberapa hal tertentu saja.

Persiapkan CV dan Portfolio


Langkah paling penting untuk mendapatkan beasiswa tentu saja mempersiapkan CV dan portfoliomu girls. Hal tersebut dikarenakan pihak penyelenggara akan menggunakan CV & portfolio untuk menilai serta menyeleksi para pendaftar. Untuk membuat CV yang bagus, sertakan profil lengkap, minat, keahlian serta list prestasi dan kegiatan yang kamu ikuti. Sementara pada porfolio, kamu dapat memberikan penjelasan lebih lengkap mengenai prestasi yang kamu miliki atau karya yang pernah dibuat.

Asah Keterampilan Menulis dan Bicara


Beberapa jenis beasiswa biasanya juga menyertakan lembar esai atau tes wawancara sebagai salah satu proses seleksinya girls. Untuk bisa mengikuti test tersebut dengan baik, tentunya kamu wajib mengasah keterampilan menulis dan berbicara. Sering-seringlah latihan menulis sehingga hasilnya nyaman dibaca, mudah dimengerti dan tidak membuat bingung pembacanya. Sementara pada latihan berbicara, kamu dapat melakukannya di depan cermin sambil memperhatikan cara bicara, gekstur tubuh serta ekspresi wajahmu. Pastikan kamu dapat berbicara dengan rileks, tidak terburu-buru, memiliki gekstur tubuh yang meyakinkan serta ekspresi yang selalu bersemangat ya!

Jika Butuh Informasi Atau Masukan Hubungi Guru atau Pihak Penyelenggara Beasiswa


Girls, kalau ada hal yang tak kamu mengerti atau masih mengganjal terkait proses penerimaan beasiswa, jangan ragu untuk bertanya dan minta masukan kepada guru di sekolah atau penyelenggara beasiswanya ya girls. Dengan berani bertanya atau berdiskusi kamu akan mendapatkan banyak keuntungan, yakni bisa memperoleh informasi lebih banyak dan juga terlihat menunjukkan minat yang serius pada beasiswa tersebut. Kamu pun akan dinilai punya inisiatif serta keberanian karena sudah bertanya. 
Nah itulah, 5 tips yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan beasiswa girls. Kalau kamu tertarik untuk mendapatkan program beasiswa, yuk ikutan program Glow & Lovely Bintang Beasiswa girls! Program beasiswa ini diselenggerakan oleh Glow & Lovely supaya para perempuan di Indonesia mendapatkan kesempatan yang sama untuk meraih pendidikan tinggi, apapun minat dan bakatnya girls. 

Program Glow & Lovely Bintang Beasiswa sudah diselenggarakan sejak 2017 lalu dan telah memberikan beasiswa perguruan tinggi kepada ratusan Bintang di seluruh Indonesia lho! Setiap tahunnya, program Glow & Lovely Bintang Beasiswa juga selalu mendapatkan respon positif dari masyarakat dengan meningkatnya angka pendaftar lho! Selain memberikan beasiswa perguruan tinggi kepada para perempuan, ’Glow & Lovely Bintang Beasiswa,’ Kelas Bebagi Cerah juga menyediakan kursus online gratis untuk memaksimalkan masa studi dan mengembangkan potensimu. Selain itu ada juga berbagai kisah inspiratif yang dapat memotivasi kamu untuk meraih impain lho!

Gimana girls? Pastinya semakin tertarik dong dengan Kelas Berbagi Cerah dan program Glow & Lovely Bintang Beasiswa? Kalau kamu ingin berpartisipasi, langsung aja kunjungi www.kelasberbagicerah.com/id/beasiswa karena periode pendaftarannya diperpanjang hingga 13 April 2021 lho!

Untuk mengikuti program beasiswanya, kamu dapat langsung mengunjungi website www.kelasberbagicerah.com/id/beasiswa lalu pilih laman beasiswa. Selanjutnya registrasi data diri dan tunggu email dari pihak Glow & Lovely. Selanjutnya isi formulir yang sudah diberikan girls. Simple banget kan? 
Untuk kriterianya siswi

yang mendaftar seleksi masuk PTN 2021, Siswi yang daftar ke PTN di luar Jabodetabek, memiliki potensi akademik, dan berkomitmen untuk menyelesaikan studi maksimal 8 semester. Nah itu dia girls, kriteria dan informasi mengenai Glow & Lovely Bintang Beasiswa, kalau kamu berminat langsung aja daftar dengan mengunjungi www.kelasberbagicerah.com/id/beasiswa ya! 

 

Baca juga:

Ini 4 Hal Utama yang Perlu Kamu Persiapkan Jika Ingin Menerima Beasiswa Asing

Jangan Bingung, Ini 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan Sebelum Masuk Universitas

Dukung Perempuan Indonesia Untuk Maju, Glow & Lovely Berikan Akses Pendidikan Tinggi

Memudahkan Kegiatan Belajar di Rumah, Ini 4 Rekomendasi Aplikasi E-Learning yang Patut Dicoba

Tingkatkan Fokus Belajar di Rumah dengan 7 Cara Ini

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER