LIFESTYLE

Sebuah Pesantren Hancur Akibat Tanah Longsor! JaDi Relief Sumbangkan Set Hidroponik Untuk Korban

Friday, 04/06/2021 17:05 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Sebuah Pesantren Hancur Akibat Tanah Longsor! JaDi Relief Sumbangkan Set Hidroponik Untuk Korban
JaDi Relief

Kabar menyedihkan datang dari teman-teman kita, yakni Pondok Pesantren Asshidiqiyah 07 Bogor. Pada Desember 2020 lalu, pesantren tersebut ditimpa bencana tanah longsor besar akibat hujan deras selama berhari-hari. Karena itu, sekolah, tempat tinggal, hingga kebun dan kolam ikan yang merupakan pendapatan utama mereka hancur akibat tanah longsor girls. JaDi Relief yang merupakan sebuah komunitas pun bekerja sama dengan PT. Bank Central Asia untuk membantu meringankan beban korban bencana tersebut.

Kondisi Pondok Pesantren Asshidiqiyah 07 Bogor Setelah Ditimpa Tanah Longsor 

Bencana tanah longsor tersebut, menimbulkan kerusakan serius di Pondok Pesantren Asshidiqiyah 07. Pada area sekolah, pagar belakang yang menutupi area persawahan hancur total. Tak hanya itu, lokasi asrama anak-anak dan para guru juga tertimpa kerusakan besar hingga atap dan temboknya runtuh. Lebih parahnya lagi, bencana tanah longsor dan banjir yang terjadi juga menghancurkan kebun sayur, kolam ikan lele dan kandang ayam di pesantren tersebut. Padahal, itu adalah sumber pendapatan utama bagi Pondok Pesantren Asshidiqiyah 07.

Tentunya hal tersebut berdampak besar banget bagi kehidupan anak-anak disana. Pasalnya, mereka nggak hanya menimba ilmu saja, banyak juga yang tinggal menetap karena itu adalah sekolah asrama.

Bantuan dari JaDi Relief dan BCA

Untuk meringankan beban para korban yang terdampak bencana, JaDi Relief yang merupakan sebuah komunitas mengajak PT Bank Central Asia untuk bekerja sama. Mereka menyumbangkan set hidroponik dan akuaponik supaya masyarakat di pesantren dapat kembali bercocok tanam dan membangun ekonomi mereka. Dengan bantuan tersebut, diharapkan para masyarakat memiliki pendapatan untuk memenuhi kebutuhan mereka setelah ditimpa bencana alam tanah longsor dan banjir.

JaDi Relief atau Jabodetabek Disaster Relief sendiri merupakan sebuah komunitas yang bertujuan untuk pengabdian kepada masyarakat, terkhusus membantu orang yang terkena bencana alam girls. JaDi Relief ini dibuat oleh Natasha dan Cayla, siswa dari British School Jakarta (BSJ). Selain memilliki komunitas, mereka juga memiliki website khusus bernama JaDi Relief yang bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat seputar bencana alam yang sedang terjadi di sekitar kita.

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER