LIFESTYLE

Memperingati No Bra Day, Jangan Lupa Lakukan SADARI Ya! Begini Caranya

Wednesday, 13/10/2021 13:01 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Memperingati No Bra Day, Jangan Lupa Lakukan SADARI Ya! Begini Caranya
freepik.com

Girls, sudah tahu belum kalau setiap tanggal 13 Oktober kita memperingati No Bra Day? Bukan untuk ajang pamer payudara ya, tapi peringatan ini bertujuan untuk menyadarkan perempuan mengenai kesehatan payudara mereka. Karena faktanya, angka penderita kanker payudara di Indonesia sangat tinggi melebihi jumlah penderita kanker lainnya. Lebih menyedihkannya lagi, kebanyakan kasus kanker payudara baru disadari dan diatasi saat stadiumnya sudah tinggi sehingga pengobatannya lebih sulit girls.

Salah satu tujuan adanya #NoBraDay supaya para perempuan lebih waspada mengenai kondisi payudaranya sendiri. Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri) dan SADANIS (Pemeriksaan Payudara Secara Klinis). Cara paling simple yang bisa kamu lakukan di rumah adalah SADARI, yakni dengan memperhatikan bentuk, ukuran serta memeriksa apakah adanya benjolan tidak wajar pada payudara.

Berikut ini beberapa langkah mudah untuk melakukan SADARI di rumah

Di Depan Cermin

Posisikan tubuh berdiri dengan tegak, perhatikan bentuk dan ukuran payudaramu dan lihat apakah ada perubahan yang tak sesuai? (Pada umumnya perempuan memiliki payudara yang besarnya tidak sama, itu wajar)

Setelah itu, cobalah angkat kedua tangan dan perhatikan lagi bentuk payudaramu, apakah muncul benjolan, kemerahan, bengkak atau bentuk yang tidak wajar? Perhatikan juga bagian sisinya dan area bawah ya girls.

Bungkukan badanmu sehingga payudara terjulur ke bawah, selanjutnya perhatikan lagi dengan seksama apakah ada benjolan atau bengkak yang tak wajar pada payudara?

Selanjutnya periksa apakah ada cairan yang keluar pada puting. Caranya adalah dengan menempatkan jempol danjari telunjuk pada area puting lalu tekan secara perlahan, perhatikan apakah ada cairan yang keluar? Lakukan gerakan ini pada kedua payudaramu.

Ketika Berbaring

Ketika berbaring kamu juga melakukan pengecekan pada payudara nih girls. Posisi payudara saat berbaring akan lebih mudah untuk mendeteksi benjolan tak normal yang terdapat pada payudara. Cara yang bisa dilakukan adalah :

Letakkan tangan kanan di bawah kepala, lalu gunakan tangan kiri untuk meraba payudara di sebelah kanan. Tekan payudara dengan 3 jari tangan kiri, lalu arahkan jari dengan gerakan memutar mulai dari payudara area dalam hingga ke luar. Jangan lupa cek juga area ketiak, pinggir payudara serta area sekitar puting apakah ada bentuk atau benjolan aneh

Untuk pemeriksaan lebih maksimal, lakukan juga pemeriksaan dari atas ke bawah, dan dari bawah ke atas. Lakukan pemeriksaan pada kedua payudara dengan perlahan dan jangan terburu-buru girls.

Ketika Mandi

Saat mandi juga jadi waktu yang efektif untuk memeriksa payudara girls. Busa sabun yang licin akan memudahkan pergerakan tangan sehingga dapat meraba dan mendeteksi benjolan di payudara dengan lebih baik. Cara mengeceknya tak jauh berbeda dengan posisi berbaring, yakni memposisikan tangan di belakang kepala lalu raba payudara dengan tangan satunya. Lakukan gerakan memutar dan gerakan naik turun untuk memeriksa keseluruhan area payudaramu.

Kalau ditemukan kondisi tidak normal pada payudara seperti adanya benjolan, payudara yang bengkak, terdapat ruam kemerahan, puting mengeluarkan cairan tapi bukan ASI, puting mengeluarkan darah, ada perubahan pada payudara ketika mengangkat tangan, serta adanya rasa sakit pada area payudara langsung saja periksakan ke dokter girls! Jangan mengabaikan atau menunda pemeriksaan ke dokter, karena semakin cepat kanker payudara diatasi maka semakin cepat juga pemulihannya.

 

Baca juga:

Masih Dalam Memperingati No Bra Day, Ini Asal Usul Hari Peringatan Serta Cara Deteksi Dini Kanker Payudara

Ketahui Faktor Pemicu Kanker Payudara

Area Payudara Juga Butuh Dirawat, Ini 5 Rekomendasi Produk yang Bisa Dicoba!

4 Langkah Rawat Payudara Jadi Cantik dan Sehat

Awas! Tanpa Sadar Ini 5 Kebiasaan yang Bikin Payudara Jadi Kendur

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER