LIFESTYLE

Girls, Yuk Mengenal Manfaat Vaksin HPV yang Penting Banget Bagi Perempuan!

Wednesday, 20/04/2022 19:07 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Girls, Yuk Mengenal Manfaat Vaksin HPV yang Penting Banget Bagi Perempuan!
freepik.com

Girls, kabar tentang vaksin HPV gratis sedang jadi perbincangan hangat nih bagi masyarakat Indonesia. Kemarin (19/04/2022), Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa vaksin Human Papilloma Virus (HPV) akan diwajibkan dan bersifat gratis mulai tahun ini girls. Alasannya sendiri karena kanker serviks masih menjadi penyakit yang paling banyak membuat perempuan Indonesia meninggal dunia. Selain itu, melakukan tindakan pencegahan dengan memberikan vaksin gratis dinilai akan lebih hemat dibandingkan merawat wanita yang sudah terkena kanker tahap lanjut.

Lantas, apa aja sih manfaat vaksin HPV bagi perempuan? Baca artikel ini sampai selesai untuk tahu info lengkapnya ya!

Manfaat Vaksin HPV

Vaksin HPV adalah sejenis vaksin yang dapat mencegah penyakit karena virus bernama human papillomavirus. Virus ini sangat berbahaya karena jika menulari perempuan, Ia bisa menyebabkan berbagai penyakit serius seperti kanker leher rahim, kanker vagina, kanker vulva, kutil kelamin, dan penyakit pada anus. Setelah virus menyerang, sel yang terjangkit akan rusak dan tumbuh secara abnormal. Setelah itu, Ia akan mulai menyebar dan menyebabkan kanker.

Vaksin HPV sendiri berisi protein yang dibuat menyerupai virus HPV. Setelah disuntikkan, protein tersebut akan membantu tubuh memproduksi antibodi alami untuk melawan virus HPV.

Vaksin ini bisa mulai diberikan untuk perempuan mulai usia 10 tahun hingga berusia 55 tahun girls. Waktu yang paling tepat untuk pemberian vaksin adalah saat usia 9-26 tahun, atau saat perempuan belum aktif berhubungan seksual, sehingga vaksin HPV dapat bekerja lebih efektif.

Biasanya vaksin akan diberikan dalam beberapa dosis secara bertahap. Biasanya tak ada efek samping berat setelah pemberian vaksin, tapi mungkin saja ada efek ringan seperti rasa sakit, bengkak dan kemerahan pada lengan bekas suntikan. Rasa pusing ringan juga dapat muncul setelah vaksinasi girls.

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER