LIFESTYLE

11 Jenis Istilah Perasaan Ini Sering Dialami Tapi Sulit Dijelaskan : Mana Nih yang Lagi Kamu Rasakan?

Wednesday, 22/06/2022 12:12 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
11 Jenis Istilah Perasaan Ini Sering Dialami Tapi Sulit Dijelaskan : Mana Nih yang Lagi Kamu Rasakan?
freepik.com

Setiap saat manusia pasti merasakan yang namanya emosi dan itu adalah sebuah kelebihan yang diberikan Tuhan kepada kita girls. Dalam keseharian kita mungkin mengenal perasaan senang, sedih, kecewa, marah, dan sebagainya. Ets tak sebatas itu, ternyata masih banyak beberapa jenis perasaan yang sering kita alami tapi tak tau istilahnya dan cara untuk menjelaskannya. Nah, di bawah ini ada beberapa istilah perasaan yang jarang diketahui orang padahal sering dialami, yuk langsung simak aja!

Adronitis

Istilah ini menggambarkan rasa ‘frustasi’ saat bertemu dengan orang baru, tapi kamu punya keinginan untuk cepat akrab dengannya. Lalu kemudian, kamu sadar kalau butuh waktu lama untuk membangun hubungan dengannya.

Dysania

Siapa nih yang sering merasa malas untuk beranjak tempat tidur di pagi hari? Ternyata perasaan ini disebut Dysania girls. Kalau ditambah rasa mager yang lagi tinggi, kondisi ini bisa bikin kamu ingin terus berada di kasur seharian dan butuh waktu berjam-jam supaya bisa meninggalkan kasur. Nggak asing ya?

Ellipsism

Pernah nggak sih merasa sedih aja, tapi tak tahu pasti apa penyebabnya? Emosi ini disebut Ellipsism, dan terjadi karena kamu sedang stress dan cemas karena persoalan kehidupan. Perasaan ini bisa terasa makin parah kalau kamu sering memendam perasaan dan nggak menemukan orang yang tepat untuk diajak curhat. Kalau kamu sudah merasakan emosi ini dalam waktu yang lama, jangan ragu datang ke psikolog supaya merasa lebih baik ya girls!

Finifugal

Simple-nya Finifugal adalah perasaan tak ingin mengakhiri sesuatu dan berharap itu dapat berlangsung lebih lama. Perasaan ini bisa terjadi ketika kamu  menemui akhir masa SMA, akhir serial favorit, akhir pertemanan, hubungan, dan sebagainya. Contoh lainnya, kamu bisa merasakan ini di hari Minggu malam lalu menyadari kalau besok Senin dan waktu weekend sudah selesai.

Jouska

Jouska menggambarkan kondisi ketika kamu sedang berbicara dengan diri sendiri dalam pikiran. Dan tentunya kamu saja yang bisa mengetahui isi percakapan itu. Dalam bahasa Indonesia istilah ini juga dinamakan Berdistraksi.

Kuebiko

Melihat berita kejahatan di televisi atau sosial media seringkali bikin kamu emosi dan marah. Tapi kemudian kamu sadar tak bisa melakukan apa-apa lalu menjadi putus asa.

Liberosis

Selanjutnya ada Liberosis yang merupakan sebuah perasaan dimana kamu ingin hidup bebas dan tak terkekang dengan aturan apapun yang ada di dunia. Kamu ingin cuek terhadap apapun dan tak mau merasa terbebani.

Monachopsis

Pernah nggak sih merasa asing saat sedang berkumpul bersama keluarga atau teman? Istilah ini dinamakan Monachopsis yang membuatmu merasa berada di ruang dan waktu yang salah. Hal ini bisa terjadi karena rasa percaya diri yang rendah dan tak nyaman dengan kondisi di sekitarmu.

Onism

Selanjutnya ada istilah Onism yang menggambarkan rasa bosan yang tinggi karena melakukan kegiatan yang itu-itu saja atau karena menunggu sesuatu.

Sehnsucht

Istilah ini menggambarkan saat kamu sering sekali merasakan ingin berubah, tapi kamu sendiri tak tahu perubahan apa yang harus dilakukan. Kondisi ini bisa disebabkan oleh rasa jenuh yang tinggi dan mood yang sedang buruk. Untuk mengatasinya kamu dapat mulai memahami diri sendiri dan lingkungan sekitar girls.

Serendipity

Terakhir ada istilah Serendipity yang menggambarkan kondisi ketika kamu secara tiba-tiba menemukan sesuatu yang bikin senang. Bisa dibilang ini adalah keberuntungan yang tak terduga.

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER