LIFESTYLE

Atasi Nyeri Haid saat PMS dengan Memperhatikan Jenis 9 Makanan Berikut Ini

Selasa, 22/11/2016 10:10 WIB by Marisha A, Facetofeet
Atasi Nyeri Haid saat PMS dengan Memperhatikan Jenis 9 Makanan Berikut Ini
Women's Health Magazine

Merasa lelah, perut kembung, dan mudah marah merupakan tanda-tanda bahwa kamu tengah mengalami PMS (Pre-Menstrual Syndrom). Kamu pun melampiaskannya dengan melakukan berbagai hal, mulai dari tidur, mendengarkan musik, bahkan makan. Kegiatan terakhir ini justru berbahaya karena beberapa makanan tertentu justru bisa membuat PMS-mu semakin parah.

Berikut ini sembilan jenis makanan yang sebaiknya kamu konsumsi dan yang kamu hindari saat PMS.

1. Makan makanan berkarbohidrat kompleks
Saat PMS, biasanya kamu mencari makanan manis untuk membuat emosimu lebih terjaga. Mengonsumsi banyak gula tidak sehat karena akan membuat gula darahmu tinggi. Untuk itu, konsumsilah karbohidrat kompleks yang bisa kamu dapatkan dari sayuran, buah, serta gandum.

2. Jangan minum kafein
Mengurangi konsumsi kafein bisa mengurangi perut kembung dan sakit perut. Untuk itu, sebaiknya kamu menghindari hangout di kedai kopi saat sedang menstruasi. Kamu juga perlu mengurangi soda karena soda juga mengandung kafein.

3. Makan makanan yang kaya akan kalsium
Seorang wanita setidaknya memerlukan 1200 miligram kalsium setiap hari untuk menunjang aktivitasnya. Kalsium mencegah tulang keropos karena wanita lebih rentan terkena osteoporosis dibandingkan pria. Konsumsi makanan yang kaya kalsium seperti brokoli, kale, dan yogurt.

4. Jangan makan makanan terlalu asin
Meskipun garam sangat berguna bagi kesehatan, perut kembung bisa terjadi jika kamu mengonsumsi garam secara berlebihan. Cara untuk mengontrol kadar garam yang masuk ke dalam tubuhmu adalah dengan menghindari makanan yang diproses dan makanan cepat saji yang mengandung tiga hingga empat kali lipat garam.

5. Makan cokelat hitam
Jika kamu ingin makan cokelat, pilihlah cokelat hitam dengan kandungan kakao lebih tinggi dari cokelat susu. Cokelat hitam kaya akan antioksidan serta mampu menaikkan kadar serotonin yang bisa membuat mood-mu kembali naik.

6. Jangan lupa perbanyak minum air
Meskipun perutmu terasa kembung, namun jangan lupa untuk tetap perbanyak minum air. Minum banyak air membantu tubuhmu lebih banyak menyerap air serta mengurangi kembung.

7. Makan makanan yang kaya akan magnesium
Makanan yang mengandung banyak magnesium seperti biji-bijian, tahu, dan kacang-kacangan membantu mengurangi rasa kembung pada wanita yang mengalami mestruasi.

8. Jangan lupa minum vitamin
Vitamin sangat dibutuhkan tubuh, seperti halnya air. Vitamin E mampu mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan saat nyeri haid. Kamu bisa menemukannya pada alpukat, selaput telur, dan biji rami. Sedangkan vitamin B6 mampu menyembuhkan kembung dan menaikkan mood dengan mengonsumsi kentang, pisang, dan oatmeal. Vitamin C dan besi bisa membantu daya tahan tubuh serta kesehatan reproduksi yang bisa kamu dapatkan dari jeruk, lemon, dan labu.

9. Makan makanan yang membuatmu nyaman
Bukan berarti kamu langsung memakan makanan yang kamu sukai, tetapi kamu harus memperhatikan nilai gizinya. Konsumsi protein ringan dan serat yang bisa membantumu menstabilkan gula darah dan mengurangi keinginan mengonsumsi gula dan karbohidrat.

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
REVIEW
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER