LIFESTYLE

4 Jenis Hormon yang Mengatur Berat badan Kita

Tuesday, 03/02/2015 15:03 WIB by Raizka, Facetofeet
4 Jenis Hormon yang Mengatur Berat badan Kita

Tubuh ideal merupakan hal yang tentunya sangat diidam-idamkan wanita. Makanan yang sehat seperti buah dan sayuran, tidur cukup serta olahraga secara teratur tentu dapat membuat badan kita menjadi lebih ideal. Namun tahukah kamu girls, hormon apa saja yang berperan dalam membentuk tubuh kita menjadi ideal ? yuk simak ulasan berikut :

1. Leptin

Salah satu hormon yang berperan dalam regulasi penurunan berat badan adalah hormon leptin. Hormon ini dapat menjadikan otak menangkap sinyal berapa banyak jumlah lemak di dalam tubuh. Hormon leptin berada di jaringan adiposa, perut, mammary epithelium, plasenta dan jantung. Fungsi hormon leptin yang dapat membantu menurunkan nafsu makan dan berat badan dimanfaatkan perusahaan obat dan kosmetik untuk melangsingkan tubuh. Sayangnya akibat pola makan yang buruk dan tidak seimbang seperti sering mengkonsumsi junkfood, dapat menyebabkan hormon ini menyimpan sisa makanan berlebih dalam bentuk lemak sehingga tubuh menjadi tidak ideal (perut buncit). Selain itu sejumlah penelitian juga mengemukakan bahwa jika kita kurang tidur (kurang dari 7-8 jam), aktivitas leptin melambat sehingga tubuh mengalami peningkatan berat badan. Nah girls sebaiknya konsumsilah makanan yang sehat dan selalu cukup tidur agar hormon leptin dalam tubuh bisa bekerja maksimal.

2. Ghrelin

Hormon ini berkebalikan dengan hormon leptin. Jika Hormon leptin mengirimkan sinyal untuk menghentikan makan, hormon ini justru meningkatkan nafsu makan atau hormon rasa lapar. Ghrelin diproduksi paling banyak oleh kelenjar oksintik yang berada di dalam lambung, selain itu juga oleh sel epsilon dalam pancreas dan nukleus arkuata dalam hipotalamus. Hormon ghrelin dalam tubuh bisa dikurangi dengan olahraga rutin seperti aerobik, kickboxing atau jogging. Jadi sebaiknya jangan lupakan olahraga intens untuk menghilangkan lemak dan menjaga berat badan tetap ideal.

3. Insulin

Insulin adalah hormon yang dibuat oleh organ yang terletak di belakang perut yang disebut panckeas. Insulin dilepaskan dari pankreas ke dalam aliran darah. Insulin adalah hormon yang penting bagi kita untuk hidup dan memiliki banyak efek pada seluruh tubuh, terutama dalam mengendalikan bagaimana tubuh menggunakan karbohidrat dan lemak yang ditemukan dalam makanan. Kurang tidur akan membuat insulin turun sekitar 30%. Penurunan insulin akan membuat tubuhmu sulit membakar lemak dan lemak akan menumpuk di tubuh.

4. Kortisol

Kortisol adalah hormon yang diproduksi kelenjar adrenal. Hormon ini meningkatkan tekanan darah dan kadar gula dalam darah. Hormon ini dikeluarkan apabila kita mengalami stress dan kekurangan waktu istirahat atau tidur. Saat kita stress, biasanya sebagian orang justru makan makanan yang lebih banyak dari biasanya untuk menghilangkan rasa stress yang dapat menyebabkan kelebihan berat badan. Selain itu, kurangnya waktu tidur akan meningkatkan hormon ini sehingga menyebabkan kita memiliki nafsu makan yang sangat tinggi terutama makan-makanan manis yang tentunya menyebabakan kenaikan berat badan.

Keseluruhan hormon tersebut tentu dipengaruhi oleh pola hidup dan pola makan kita. Jadi sebaiknya mulailah dari sekarang untuk menyeimbangkan pola hidup dan pola makan yang sehat serta seimbang agar tubuh ideal mudah untuk didapatkan.

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER