LIFESTYLE

Apa Sih Diet Keto yang Tengah Dijalani Dian Sastro? Ini Penjelasannya!

Wednesday, 11/10/2017 13:01 WIB by Marisha A, Facetofeet
Apa Sih Diet Keto yang Tengah Dijalani Dian Sastro? Ini Penjelasannya!
Instagram @therealdisastr

Makan banyak makanan berlemak tapi berat badan turun? Mana bisa? Mungkin terdengar tidak mungkin, tapi ada cara diet yang memungkinkan kamu memakan banyak lemak dan berat badanmu bisa turun. Masih nggak percaya?

Ketogenic diet atau diet keto merupakan tren diet baru yang mulai diterapkan banyak orang demi menurunkan berat badan. Selebriti yang diketahui tengah menjalankan diet ini adalah Dian Sastrowardoyo. Sebenarnya apa sih diet keto itu?

Seperti yang dijelaskan oleh situs The Klog, diet keto pada dasarnya merupakan proses memposisikan tubuh pada keadaan yang disebut ketosis. Ketosis merupakan keadaan di mana tubuhmu memproduksi keton menjadi energi. Keton sendiri merupakan asam yang dibuat ketika tubuh menggunakan lemak sebagai energi, bukan karbohidrat.

Dengan kata lain, saat menjalankan diet ini kamu tidak boleh mengonsumsi karbohidrat. Pada keadaan normal, karbohidrat diubah tubuh menjadi glukosa dan glukosa ini digunakan sebagai sumber energi. Karena sudah ada glukosa, maka lemak yang kamu makan disimpan sebagai lemak tubuh.

Diet keto mengombinasikan 70 persen lemak, 25 persen protein, dan 5 persen karbo. Seorang psikolog klinis dan spesialis gangguan makan J Renae Norton menjelaskan bahwa ketosis merupakan proses alami tubuh yang berinisiatif menggunakan lemak sebagai energi ketika karbohidrat tidak cukup.

Diet ini ternyata bukanlah diet baru karena sejak tahun 1940an, diet ini sudah digunakan untuk mengurangi kejang penderita epilepsi. Seiring berkembangnya jaman, orang-orang mengadaptasi diet ini untuk menurunkan berat badan.

Diet keto ternyata tidak hanya mampu menurunkan berat badan, tetapi juga memberi efek positif bagi kulit. Saat tubuhmu tidak lagi menerima gula, kulit akan mengurangi produksi minyak dan jerawat. Selain itu, kulit juga menjadi lebih halus.

Recommended for You
Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
REVIEW
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER