LIFESTYLE

Pola Diet Ini Bisa Memperpanjang Harapan Hidup Hingga 10 Tahun!

Thursday, 07/12/2017 16:04 WIB by Marisha A, Facetofeet
Pola Diet Ini Bisa Memperpanjang Harapan Hidup Hingga 10 Tahun!
Instagram @achasinaga

Diet menjadi pilihan bagi banyak orang saat ini untuk menurunkan berat badan secara efektif. Karena banyaknya orang yang menerapkan diet dalam gaya hidup mereka, diet pun punya tren tersendiri. Mungkin yang paling kita ingat adalah diet mayo yang tidak menyertakan garam pada makanan kita.

Setelah diet mayo, saat ini banyak orang yang mulai mencoba diet keto. Seperti yang pernah disebutkan Facetofeet pada artikel sebelumnya, diet keto merupakan pola makan yang tidak menyertakan karbohidrat dan hanya mengonsumsi protein berlemak tinggi. Seleb yang mencoba diet ini antara lain Dian Sastrowardoyo dan Ivan Gunawan. Selain itu, beauty influencer Hellua The Lipstick Mafia juga tengah menerapkan diet ini.

Berdasarkan artikel yang dimuat situs Futurity, sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan melalui jurnal Cell Metabolism menunjukkan manfaat diet keto. Penelitian tersebut membeberkan sejumlah bukti dan fakta dengan menerapkan diet tersebut bisa memperpanjang harapan hidup tujuh hingga sepuluh tahun. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa diet ini memperlambat proses penuaan tubuh dan menambah memori otak.

Prinsip diet keto pada dasarnya mengganti karbohidrat dengan makanan tinggi lemak. Dengan kata lain, kamu tidak boleh mengonsumsi nasi, kentang, pasta, maupun roti. Otak akan memaksa tubuhmu membakar lemak sebagai tenaga, bukan glukosa yang biasanya didapatkan tubuh dari karbohidrat.

Para peneliti di University of Carolina, Davis, School of Veterinary Medicine menguji tikus yang dibagi menjadi tiga grup. Grup pertama diberi makanan tinggi karbohidrat. Grup ke dua mengonsumsi karbohidrat rendah dan tinggi lemak, sedangkan grup ke tiga benar-benar diberikan diet keto. Kalori yang diberikan sama rata dan hasilnya cukup mengejutkan.

"Kami menemukan bahwa harapan hidup tikus yang mengonsumsi lemak tinggi 13 persen lebih tinggi dibandingkan yang mengonsumsi karbo," ujar peneliti senior Jon Ramsey. "Pada manusia, hal ini bisa memperpanjang hidup tujuh hingga 10 tahun,".

Pada penelitian tersebut, tikus yang diterapkan diet keto memori dan fungsi motoriknya lebih tajam serta mengalami penurunan terjadinya cedera dan tumor. "Pada manusia akan terjadi sejumlah perubahan dan menurunkan terjadinya kemungkinan penurunan fungsi organ dalam proses penuaan,".

Penelitian ini menunjukkan bahwa diet keto memberikan efek yang besar bagi kesehatan dan kehidupan manusia, di samping menurunkan berat badan. Diet keto juga memiliki efek yang besar terhadap proses penuaan. Namun sebelum mencoba diet keto, ada baiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter gizi dan melakukan riset terlebih dulu.

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
REVIEW
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER