LIFESTYLE

Sering Pusing Saat Menstruasi? Begini Cara Mengatasinya

Saturday, 24/02/2018 18:06 WIB by Dwinta , Facetofeet
Sering Pusing Saat Menstruasi? Begini Cara Mengatasinya
koreanbean

Sering pusing menjelang atau saat dapet girls? Kamu nggak sendirian kok. Dilansir dari alodokter, hal dialami sekitar 60% wanita yang memiliki riwayat migrain dan dirasakan sekitar dua hari menjelang menstruasi hingga tiga hari setelah dapet berakhir. Pusing memang dapat disebabkan banyak faktor. Namun, pusing kali ini umumnya disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh wanita. Hormon estrogen dan progesteron yang berperan dalam kehamilan dan masa menstruasi juga dapat berdampak pada senyawa kimia penyebab sakit kepala dalam otak. Tepat sebelum haid, kadar estrogen dan progesteron dalam tubuh seseorang turun, sehingga menyebabkan gejala seperti sakit kepala.

source: healthissue

Nah, langkah pencegahannya jelang menstruasi bisa diperhatikan nih girls. Kamu bisa taruh sekantong es batu yang dibungkus handuk pada kepala atau leher yang sakit. Kamu juga sebaiknya mengurangi konsumsi minuman keras, kafein, makanan yang mengandung MSG, serta makanan yang mengandung tyramine tinggi seperti alpukat, pisang, ikan asap, cokelat, serta buah kering, yang dapat mengakibatkan sakit kepala. Hindarkan diri dulu dari menghirup bahan-bahan beraroma kuat seperti parfum, polusi, produk pembersih, ataupun bahan kimia dari pemanis buatan. Kurangi tekanan dalam pembuluh darah dengan mengurangi konsumsi garam menjelang masa menstruasi, ya. Nanti dulu ngemil lidi-lidiannya. 

source: aol

Kalau sakit kepala saat mens selalu datang, kamu bisa mengonsumsi obat-obatan pada satu sampai dua hari sebelum menstruasi mulai hingga selesai. Biasanya dapat diredakan dengan mengonsumsi naproxen, ibuprofen atau asam mefenamat.
Triptans yang berperan mengecilkan pembuluh darah dan meredakan rasa sakit juga dapat digunakan. Obat ini dapat membantu meredakan mual dan sakit kepala dalam waktu dua jam setelah dikonsumsi. Sebagian orang mencoba mengonsumsi kombinasi triptans dan pereda rasa sakit.

Jangan lupa berolahraga rutin untuk meminimalisir pusing ini sebelum kejadian ya girls. Kamu bisa mencatat kapan saja kamu pusing saat menstruasi mulai datang, Ini bisa membantu dokter untuk menemukan pola dan penanganan buat kamu.

source: koreanbean

Nggak mesti dikecup oppa dulu buat baikan kan? Hehehe. Semoga cepat sembuh ya girls!

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
REVIEW
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER