LIFESTYLE

Memasak Bisa Jadi Solusi untuk Mengatasi Masalah Kesehatan Mental? Ini Jawabannya!

Tuesday, 25/09/2018 13:01 WIB by Marisha A, Facetofeet
Memasak Bisa Jadi Solusi untuk Mengatasi Masalah Kesehatan Mental? Ini Jawabannya!
Wiki Asia

Padatnya kegiatan sehari-hari membuat banyak perempuan nggak sempat memasak di rumah, apalagi buat yang masih single dan belum berkeluarga. Pasti kita lebih mengandalkan masakan ibu di rumah ketimbang memasak sendiri, bahkan banyak yang malas belajar masak.

Tapi tahu nggak sih kalau sebenarnya memasak itu punya banyak manfaat bagi kesehatan, terutama kesehatan mental? Nah, baru-baru ini model sekaligus selebriti dunia Chrissy Teigen berbagi lewat bukunya yang mengungkapkan manfaat memasak.

Dalam buku yang berjudul Cravings: Hungry for More tersebut, istri John Legend itu mengungkapkan kalau kegiatan memasak membantunya kembali lagi ke dirinya sendiri serta kehidupan normalnya.

Sumber: TVn

Seperti yang dimuat Elite Daily, seorang ahli pengobatan herbal dan penulis buku Deeply Holistic mengungkapkan, "Memasak merupakan aktivitas manusia yang memberikan manfaat bagi kesehatan mental dan juga emosi," ujarnya.

Caranya bisa dimulai dengan mempelajari resep baru atau masakan apapun yang kamu sukai. Jangan terburu-buru karena akan membuat stress makin bertambah. Lakukan secara santai dengan mengamati warna, tekstur, hingga bau makanan.

"Dengan menghayati setiap proses memasak, kesehatan mentalmu pun akan semakin membaik," ujarnya. Nggak hanya itu, berbagi makanan dengan seseorang juga memiliki manfaat bagi kesehatan mental karena selama menikmati hidangan, akan terjadi interaksi dan berbicara serta mendengarkan satu sama lain.

Sumber: SBS

Melalui studi yang dipublikasikan di The Journal of Positive Psychology, peneliti bertanya kepada 600 orang dewasa apa yang mereka rasakan setelah melakukan aktivitas kreatif, dan mereka menemukan bahwa kegiatan seperti memasak dan membuat kue bisa membuat mereka 'lebih hidup'.

Nah, jadi buat kamu yang tengah merasa stress atau bahkan depresi, kamu bisa mencoba kegiatan memasak atau membuat kue sebagai salah satu alternatif terapi untuk menyembuhkannya.

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
REVIEW
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER