LIFESTYLE

Begini Penjelasannya Kenapa Makeup Bikin Perempuan Punya Gaji Lebih Besar

Wednesday, 07/11/2018 09:09 WIB by Dwinta , Facetofeet
Begini Penjelasannya Kenapa Makeup Bikin Perempuan Punya Gaji Lebih Besar
banilla

Sepanjang hidupnya, rata-rata perempuan di Amerika menghabiskan sekitar $15,000 atau sekitar 225 juta rupiah untuk keperluan makeup. Tapi nilai itu layak karena penghasilan yang dihasilkan seorang perempuan bermakeup akan lebih tinggi daripada yang tidak familiar dengan makeup sama sekali, begitu penjelasan menurut sebuah studi di Universitas California. Dua sosiologis, Jacyln Wong dari Universitas Chicago dan Andrew Penner dari Universitas Calfornia di Irvine bilang kalau penampilan menarik sangat terkait dengan pendapatan. Bukan meng-highlight kalau pendapatan perempuan atau laki-laki yang memang indah dari sananya, tapi mereka berfokus pada faktor dandan atau grooming yang sangat memegang peranan penting dalam keseharian.

sumber: stylenanda

Riset yang dilakukan Wong and Penner adalah berdasarkan studi nasional meliputi wawancara lebih dari 14,000 orang mengenai hal-hal seperti pendapatan, pekerjaan dan pendidikan. Pewawancara juga menilai setiap nilai daya tarik dan grooming atau nggaknya mereka, meliputi gaya rambut, pakaian, dan untuk perempuan, makeup. Seperti para periset sebelumnya, Wong dan Penner menemukan bahwa orang yang good-looking punya satu keuntungan sendiri di tempat kerja: individu yang atraktif akan mendapatkan 20% pendapatan daripada orang yang daya tariknya lebih rendah dari mereka. Jarak ini secara dramatis menghilang, ketika faktor grooming mulai berperan.  "Kamu bisa mendapatkan keuntungan-keuntungan yang kita pikir cuma untuk 'orang-orang cakep dari sananya' melalui grooming alias dandan," jelas Penner. Ini nyata banget buat para perempuan, yang mana berdandan itu sangat penting apalagi terkait pendapatan. 

sumber: pinterest

Dalam artian praktis, itu berati kalau cewek yang menyempatkan waktu dan menyisihkan dana untuk merawat rambut dan makeupnya sebenarnya akan mendapatkan keuntungan finansial yang lebih daripada mereka yang nggak melakukan itu. Contohnya, cewek yang sebenarnya biasa aja tapi well-groomed akan membuat lebih banyak $6,000 dalam satu tahun daripada cewek biasa saja tapi nggak merawat dirinya secara maksimal. Cewek yang berdandan ini juga membuat $4000 lebih banyak daripada temannya yang memang cantik dari sananya, tapi less-put-together. 

sumber: stylenanda

Efeknya juga mirip pada laki-laki, walaupun peningkatannya nggak sebesar perempuan. Dua gender akan mendapatkan keuntungan benefit karena punya tampilan lebih menarik. Hikmah cerita ini adalah publik bisa menilai mana yang paling usaha buat tampil terbaik. “It’s not just what you’re born with.” tutup Penner. 

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
REVIEW
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER