MAKEUP

Waspada! Ini Tanda-tanda Kamu Alergi Kosmetik Dan Cara Mengatasinya

Wednesday, 10/04/2019 16:04 WIB by Belinda, Facetofeet
Waspada! Ini Tanda-tanda Kamu Alergi Kosmetik Dan Cara Mengatasinya
vogueyoutube

Bagi kamu pencinta makeup, pasti senang banget coba-coba produk makeup yang baru-baru. Tapi sayangnya untuk muka yang sensitif sering kali menghadapi masalah kulit seperti alergi. Munculnya alergi di kulit atau bagian tubuh tertentu terjadi karena adanya paparan dari alergen, yaitu unsur asing yang dikenali sebagai zat yang berbahaya oleh sistem kekebalan tubuh. Alhasil, tubuh akan bereaksi terhadap zat asing tersebut. Hal itu bisa timbul dari pemakaian kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulit. Biasanya, orang yang memiliki kulit sensitif lebih mudah mengalami alergi. Namun alergi tetap bisa terjadi pada siapapun. Lalu, apa tanda-tanda alergi kosmetik yang harus kamu waspadai dan cara mengatasinya? 

1. Biduran atau Bentol Disertai Gatal
Reaksi ini biasanya akan terjadi jika wajah terpapar zat yang bersifat alergan. Biduran sering ditandai dengan rasa panas atau perih di kulit wajah, sensasi kesemutan, hingga kulit yang terasa gatal dan bengkak. Gejala biasanya akan muncul beberapa menit setelah kamu terpapar oleh alergen. Biasanya, gejala akan mereda setelah 24 jam.

2. Jerawat dan Komedo
Pada beberapa kasus, alergi kosmetik sering ditandai dengan munculnya jerawat dan komedo pada wajah. Hal ini merupakan reaksi yang ditunjukkan kulit sebagai tanda adanya paparan alergen. Selain itu, perubahan warna kulit juga bisa menjadi tanda adanya alergi kosmetik.

3. Ruam
Alergi juga bisa memunculkan gejala kemerahan pada bagian kulit alias ruam. Biasanya selain menjadi merah, kulit juga akan terasa gatal dan mudah mengelupas. Biasanya kondisi ini terjadi pada kulit seputar mata.

4. Bengkak
Alergi juga bisa menyebabkan mata dan bibir mengalami bengkak. Selain itu, alergi juga bisa ditandai dengan adanya rasa gatal, kulit terasa kering, hingga luka yang mungkin muncul.

Saat kamu tahu kamu mengalami hal diatas, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk ngatasi alergi tersebut. Kamu harus segera hentikan pemakaian kosmetik yang diduga menjadi penyebab munculnya alergi. Selain itu, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan kulit wajah. Cobalah untuk rutin mencuci muka dengan air bersih setidaknya 2-3 kali dalam satu hari. Hindari penggunaan sabun pencuci muka secara berlebihan. 

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
REVIEW
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER