MAKEUP

Begini Cara Beralih dari Foundation ke Concealer dengan Hasil yang Sama

Wednesday, 21/03/2018 11:11 WIB by Dwinta , Facetofeet
Begini Cara Beralih dari Foundation ke Concealer dengan Hasil yang Sama
preview.ph

Kita suka sih dengan hasil foundie yang full coverage. Rasanya seperti memakaikan selimut ke wajah, cukup beberapa tepuk, jerawat pada hilang deh! Namun sayang, foundie memang selalu punya efek samping. Pori-pori yang dipaksa buat ketutup ini, kalau tidak ditreatment dengan baik akan berubah menjadi malapetaka ke baju atau malah menambah jerawat baru! Dan juga, foundie dirasa terlalu berat kan untuk pemakaian sehari-hari? Kalau kulit kamu membutuhkan ruang untuk bernafas namun kamu juga masih butuh foundie dalam makeup routinemu, kita rekomendasikan kamu untuk beralih ke concealer deh. Memang ini terasa obvious, saking obviousnya kita kadang jadi lupa kalau alternatif foundie ini kalau cara pakainya tepat bisa punya output yang sama dengan foundie lho!

source: pinterest

Pilih warna coverage kamu

Seperti foundie, concealer juga tersedia dengan beberapa finish, mulai dari sheer hingga full coverage. Tipe yang akan kamu gunakan akan bergantung pada kondisi kulit kamu. Sebagai contoh, kalau wajah kamu bebas dari noda dan memang pengen lebih balance aja, formula sheer atau yang mirip dengan yang kamu pakai di area bawah mata akan memberikan hasil yang kamu.

Teknik aplikasinya pun nggak kalah penting daripada produknya sendiri. Konsistensi concealer bisa lebih kaya daripada foundation, jadi sebaiknya kamu pakai damp atau sponge dengan gerakan tap tap kalau dipakai seluruh wajah sebagai pengganti foundie. Kalau kamu pengen efek yang lebih fancy dengan efek highlight dan kontur, kamu harus tahu kalau kamu butuh lebih dari satu shade untuk mencapai keinginanamu.

Buat contour, pilih concealer yang tiga shades lebih gelap dibanding foundie. Pakai di bagian bubuk contour untuk bentuk yang lebih natural dan shading yang lebih realistsis. Namun kalau kamu cari efek beachy atau bronzy, kamu bisa menemukan shades dua kali lebih gelap. Tapi kalau kamu pengen yang simple saja, pastikan kamu color match dengan concealer ke skin tone kamu. Kalau nggak, kamu bisa berakhir dengan wajah yang lebih terang atau gelap daripada warna tubuh kamu yang lain. Awkward!

source: stylecaster

Spot-treat dan jangan disebar

Mungkin inilah perbedaan besar antara foundie dan concealer. Kalau foundie maksudnya untuk seluruh wajah, concealer dikhususkan untuk hanya menutupi blemish atau noda yang ingin ditutupi. Kalau kamu punya bekas jerawat dana noda hitam di pipi kamu, daripada nutup seluruh area itu, kamu cukup kasih bintik di setiap noda lalu diblend sampai tertutup. Efek keseluruhannya adalah no-makeup-makeup look yang membuat orang berfikir kamu nggak pakai apa-apa.

Cara yang bagus untuk sheering si concealer ini tadi untuk  full coverage adalah dengan mencampurkan jumlah kecil dari concealer dengan ukuran sekecil mutiara untuk moisturizer sehari-hari atau facial primer. 

Kalau kamu pengen efek contour dan highlight yang sudah disebut di atas, concealer kamu seharusnya diaplikasikan ke bagian wajah yang sering ditimpa matahari. Pakai powder brush untuk mengsweep di bagian dahi, ke bawah dan pusat hidung, di dagu dan bagian tertinggi tulang pipi. Kamu nggak bakal percaya kalau segampang itu bikin efek beachy yang keren di wajah kamu!

source: youtube

Blend, blend, blend!

Jadi harus gimana kalau kamu butuh dua tipe coverage di area yang sama? Nah, kamu butuh dua tipe concealer yaitu sheer dan full, atau kamu harus aplikasi concealer yang sama dengan dua cara berbeda. Lagipula, konsistensi yang lebih berat paling oke untuk menyembunyikan noda, tapi blending di area sekeliling dengan sheer formula (contohnya moisturizer blend) akan membuat wajah yang diberikan concealer nggak lengket. Dan seperti foundie, kamu juga tetap butuh setting powder atau spray untuk finishin

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
REVIEW
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER