MAKEUP

Kisah Harnaam Kaur, Wanita Berjenggot Menginspirasi yang Mendobrak Standar Kecantikan

Wednesday, 04/04/2018 13:01 WIB by Marisha A, Facetofeet
Kisah Harnaam Kaur, Wanita Berjenggot Menginspirasi yang Mendobrak Standar Kecantikan
POP Sugar

Apa itu cantik? Apakah definisi cantik itu harus berkulit putih, berwajah mulus bebas jerawat, atau harus bertubuh langsing?

Selama ini stereotip perempuan cantik diidentikkan dengan kulit putih, wajah mulus, tubuh langsing, dan lain-lain. Namun seiring dengan banyaknya gerakan empowerent yang digagas oleh para aktivis, perlahan-lahan banyak wanita yang mulai percaya diri dengan dirinya apa adanya.

Salah satunya adalah Harnaam Kaur. Dia terkenal bukan karena berhasil membuat hal unik menjadi viral, melainkan cerita dirinya yang dianggap 'berbeda dan unik'. Harnaam terlahir dengan polycystic ovary syndrome, penyakit kelainan hormon yang disebabkan lebih banyaknya hormon pria dibandingkan hormon wanita di dalam tubuhnya.

Di usia 11, wajah Harnaam mulai ditumbuhi jenggot lebat layaknya pria. "Aku selalu mencukur jenggotku tiap dua atau tiga kali dalam seminggu dan aku tidak lagi bisa menahan rasa sakitnya bercukur," ujarnya.

Sumber: POP Sugar

Saat usianya masih muda, Harnaam yang kini berusia 24 tahun ini selalu di-bully karena jenggotnya. Tak hanya itu, dia juga mendapatkan tekanan dari orang-orang yang membuatnya ingin bunuh diri.

Namun, Harnaam mengambil sisi positifnya dengan berusaha mematahkan pandangan sosial bagaimana seharusnya wanita terlihat. "Aku memutuskan untuk memanjangkan jenggotku dan melawan semua pandangan orang lain tentang image wanita,".

Sejak itu Harnaam berusaha menerima dirinya apa adanya. Dia bahkan menamakan dirinya 'The Bearded Dame' atau 'Wanita Berjanggut' pada akun Instagramnya. Bahkan Harnaam juga ikut melakukan foto dengan memperlihatkan jenggotnya untuk memberitahu seluruh dunia bahwa tidak ada standar dalam kecantikan.

Berkat kisah dirinya yang menginspirasi banyak orang, Harnaam bergabung dalam kampanye 'Letter to Little Me' yang digagas brand kecantikan Illamasqua. Dia mengatakan pada dirinya sendiri, "Kamu bisa tumbuh menjadi wanita cantik dan menarik yang akan mendobrak standar sosial mengenai kecantikan,".

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
REVIEW
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER