MAKEUP

Ketahui Perbedaan Lip Stain Dengan Lipstick

Saturday, 06/12/2014 13:01 WIB by Fleur, Facetofeet
Ketahui Perbedaan Lip Stain Dengan Lipstick

Para wanita telah menggunakan pewarna bibir sejak tahun 1923 sejak lipstick berbentuk tube di perkenalkan di Amerika. Bahan utama lipstick adalah wax dan oil, komposisi lainnya adalah pigment dan bahan untuk menjaga kelembaban bibir. Berbeda dengan bahan dasar lipstick, lip stain berbahan dasar air atau gel. Karena itu pigment warna pada lip stain mampu bertahan lebih lama pada bibir.

 

Karena bahan lip stain lebih cair dari lipstick, lip stain tersedia dalam berbagai macam bentuk: roll-on, gel dengan aplikator sponge-tip atau tube dengan ujung seperti spidol. Bagaimanapun bentuknya, penggunaan lip stain harus dilakukan dengan cepat. Banyak lip stain yang mengandung alkohol, sehingga warnanya menempel lebih cepat, hampir seketika saat lip stain menyentuh bibir. Alkohol menyebabkan efek kering, jadi bibir akan lebih sering terkelupas sehingga pemakaian pelembab bibir menjadi lebih sering.


 
Lip stain tersedia dalam pilihan warna yang lebih terbatas dibandingkan dengan lipstick. Kebanyakan lip stain tersedia dalam tone warna merah, pink, dan peach. Sedangkan lipstick dibuat dengan berbagai variasi warna dari pink pucat sampai ungu gelap. Lipstick juga memiliki variasi yang tidak dimiliki lip stain, yaitu terdapat jenis matte, shine, glossy, dan memiliki kandungan yang melembabkan seperti vitamin E atau aloe vera. 
 

Sebelum menggunakan lip stain, sebaiknya gunakan lip balm terlebih dahulu. Kemudian, oleskan lip stain. Satu lapis lip stain dapat bertahan selama beberapa jam, tapi kamu bisa menambahkan beberapa lapis lagi agar warnanya menjadi lebih intens. Karena lip stain tidak mengandung oil sebanyak lipstick, jadi tidak terbentuk lapisan pada garis bibir sehingga kamu bisa melewatkan pemakaian lip liner.
 

Walaupun lipstick dan lip stain memiliki range harga yang sama, pada jangka waktu panjang kamu akan membeli lebih banyak lipstick. Kenapa? Karena lipstick perlu di touch-up atau digunakan kembali lebih sering sehingga kamu perlu menggantinya lebih sering juga. Sedangkan lip stain bisa digunakan pada pagi hari dan bertahan selama seharian. Saat menghapus lip stain kamu mungkin akan membutuhkan makeup remover agar bisa terhapus dengan baik.
 


Walaupun lipstick dan lip stain sama-sama bertujuan memberikan warna pada bibir, keduanya memberikan daya tarik yang berbeda. Lipstick, dengan berbagai warna yang tersedia, memberikan kelembaban tapi tidak bertahan seharian. Lip stain, dengan warna naturalnya, mampu bertahan seharian tapi membuat bibir menjadi lebih cepat kering. Kabar baiknya adalah kamu tidak perlu hanya memilih salah satu, kamu bisa menggunakannya bergantian sesuai dengan kebutuhan kamu.

 

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER