MAKEUP

Apa Benar Makeup Menyebabkan Timbulnya Jerawat?

Saturday, 12/01/2019 13:01 WIB by nerissa arfiana, Facetofeet
Apa Benar Makeup Menyebabkan Timbulnya Jerawat?
self.com

Pastinya kita sudah mendengar hal ini sejak lama ya girls. Atau bahkan seringkali kita tidak menyadari hal tersebut, seperti ketika wajah mulai breakout lalu ditutupi dengan makeup yang tidak cocok hingga membuat kulit wajah makin berjerawat. Hmm.. Nah dilansir dari situs the klog, dermatologis Kavita Mariwalla menjelaskannya lebih lanjut.

Jadi Apa Benar Makeup dapat Menyebabkan Timbulnya Jerawat?

Makeup bersifat comodogenic atau acne forming, jadi memang makeup bisa menjadi salahsatu timbulnya jerawat. Karena bahan Comodogenic dapat menyumbat pori-pori dan bahan yang bisa menimbulkan jerawat jelasnya.

Namun, jenis bahan yang bersifat comodogenic dapat berbeda bagi setiap orang. Misalnya bagi beberapa orang, silika gel yang terdapat pada primer dapat menyumbat pori-pori, bersifat krim dapat menyebabkan jerawat, atau mungkin justru kandungan pewarna makeup yang dapat membuatnya berjerawat, itu bisa berbeda-beda.

Ketika jerawat ditimbulkan karena makeup, jerawat ini akan lebih sulit terurai dibandingkan jerawat yang diakibatkan hal lainnya. Jadi jika kamu merasa mengalami banyak komedo, purging dan lain sebagainya, sudah saatnya kamu harus mengganti produk tersebut.

Jadi Bagaimana Solusinya?

Karena tidak ada penyebab pasti, satu-satunya cara adalah riset dan mencoba produk dengan menganalisisnya sendiri untuk mengetahui produk mana yang cocok dan yang tidak.

Dr Mariwalla menyarankan untuk menghindari produk berbahan krim kental atau yang memiliki pigmentasi yang tinggi dan riasan yang berat. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan BB cream atau CC cream yang memiliki formula ringan, terutama jika kondisi wajah kamu sedang bermasalah.

Pastikan juga untuk selalu mencuci wajah kamu dengan benar, lalu dilanjutkan dengan penggunaan makeup yang benar. Membiarkan wajah kotor hingga pori-pori tersumbat sama saja kamu membiarkan wajah kamu rentan akan jerawat dan selalu perhatikan kandungann di dalam produk yang cocok maupun tidak di kulit kamu ya girls.

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER