NAIL

Ini Alasan Mengapa Sebaiknya Tidak Menggunting Kutikula Saat Manicure

Tuesday, 29/03/2016 12:12 WIB by Marisha A, Facetofeet
Ini Alasan Mengapa Sebaiknya Tidak Menggunting Kutikula Saat Manicure
Sterishoe

Kegiatan mewarnai kuku atau biasa kita sebut dengan manicure merupakan kegiatan yang disukai oleh banyak wanita. Selain membuat kuku menjadi lebih cantik, manicure juga membersihkan kuku kita dari berbagai kotoran yang masuk ke bagian dalam kuku. 

Jika kamu melakukan manicure di salon, manicurist (orang yang ahli melakukan manicure) biasa menanyakan apakah kita ingin memotong kutikula atau tidak. Demi mendapatkan hasil yang maksimal, kita pun akhirnya memilih untuk memotongnya. Memotong kutikula memang membuat kuku terlihat lebih bersih, tetapi beberapa hari kemudian kutikula akan kering dan mengelupas.

Kutikula merupakan segel pelindung alami kuku yang melindungi air, udara lembab, dan organisme yang masuk ke dalam kuku. Melalui Huffington Post, seorang spesialis kuku dan pakar kulit bersertifikat Dana Sterns menjelaskan, "Kutikula menutupi bagian terpenting kuku yaitu susunan kuku. Berbagai trauma yang terjadi di daerah kutukula seperti menggungting, menggigit, atau mengelupa bisa mempengaruhi susuan dan terlihat seperti iritasi kuku,".

Kulit merupakan organ terluas pada tubuhmu. Kutikulas merupakan dinding pertahanan terakhir kuku yang mencegah menyebarnya bakteri yang berada di sekitarmu masuk ke dalam kuku. Ketika bakteri masuk melalui kutikula, jari-jarimu akan terlihat memerah dan infeksi yang disebut acute paronychia. Infeksi ini harus segera ditangani dengan cara dikeringkan dan dilakukan oleh seorang dokter. Biasanya, pasien akan diberikan antibiotik.

Jika kutikula lembab dan berair, kulit di balik kutikula akan menjadi benyek, merah, dan bengkak sehingga bakteri akan dengan mudah masuk. Gejala ini disebut sebagai chronic paronychia dan kuku akan tumbuh secara tidak normal jika kutikula tidak segera diobati.

Sterns merekomendasikan agar kamu menggunakan handuk kecil untuk menekan kutikula. Usapkan secara perlahan dengan menggunakan air hangat. Jika kutikula mulai kering, gunakan pelembab seperti minyak ataupun krim tangan.

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER