NAIL

Kini Para Wanita Muslim Bisa Memakai Kuteks yang Mampu Menyerap Air dan Udara Ini

Wednesday, 03/08/2016 14:02 WIB by Marisha A, Facetofeet
Kini Para Wanita Muslim Bisa Memakai Kuteks yang Mampu Menyerap Air dan Udara Ini
Allure

Breathable nail polish atau kuteks yang memudahkan kuku untuk bernapas bukanlah hal baru. Di tahun 2013 lalu, Inglot mengeluarkan O2M Breathable Nail Enamel. Selang waktu tiga tahun, merek kuteks Orly mengeluarkan cat kuku serupa yang diberi nama Breathable Treatment + Colir Line. Sebenarnya, apakah breathable nail polish itu?

Selama ini, pasti kamu sudah sering mendengar saran dari para manicurist, teman, atau orang dekat di sekitarmu yang menyarankan untuk tidak terlalu sering menggunakan cat kuku. Hal ini disarankan karena memakai cat kuku terlalu lama bisa menyebabkan kuku rapuh dan mudah patah. Cat kuku yang ada selama ini membentuk lapisan yang menahan air dan udara masuk ke dalam kuku.

Kuteks breathable didesain untuk memudahkan masuknya molekul air dan oksigen ke dalam kuku dan meresap hingga ke bawah kuku sehingga membuat kesehatan kukumu terjaga. Kuncinya ada pada zat kimia yang terkandung di dalam cat kuku tersebut.

Cat kuku biasa terbuat dari bahan yang sangat ketat, menahan molekul, dan menutup sempurna permukaan kuku. Tetapi cat kuku breathable ini dibuat dengan formula yang menyerupai susunan batu bata sehingga memudahkan molekul air dan udara melewatinya. Menurut pakar kosmetik Randy Schueller seperti yang dikutip dari Allure menjelaskan, "Kemampuan cat kuku ini bukan dari setiap bahan yang digunakan, tetapi lebih kepada bagaimana semua formula dimasukkan bersama,".

Selain itu, menurut Schueller, bahan-bahan seperti bis propane/bisaminomethylnorbornane yang terkandung di dalam cat kuku breathable tidak digunakan pada cat kuku biasa. Zat inilah yang memiliki peran penting pada struktur molekuler. Namun, seorang ahli kulit Dana Stern memberikan sanggahan mengenai cat kuku ini. "Kuku menerima oksigen dan nutrisi dari aliran darah, dan bukan dari lingkungan. Kuku tidak butuh bernafas seperti yang kita artikan,". Lebih lanjut, air yang masuk melalui celah kuteks justru bisa mengisi celah antara kuku dan cat yang bisa menyebabkan infeksi.

Kesehatan kuku bukanlah satu-satunya alasan dibuatnya cat kuku breathable ini. Dalam kepercayaan umat Islam, cat kuku menghalangi masuknya air wudhu ke dalam kuku sehingga para wanita Muslim jarang yang memakainya saat dia sedang menjalankan ibadah salat, kecuali dia sedang menstruasi. Adanya cat kuku breathable ini bisa menjadi angin segar bagi para wanita Muslim yang ingin mempercantik kukunya, dan tetap bisa menjalankan ibadah sesuai syariat agama.

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER