NAIL

Kukumu Berjamur? Atasi Masalahmu dengan Perawatan Berikut Ini

Friday, 15/12/2017 16:04 WIB by Marisha A, Facetofeet
Kukumu Berjamur? Atasi Masalahmu dengan Perawatan Berikut Ini
Into The Gloss

Tahukah kamu yang namanya jamur kuku? Coba cek kuku-kukumu, baik kuku tangan maupun kuku kaki. Jika keduanya terlihat sehat, tidak patah, retak, dan kusam, berarti kukumu bebas jamur. Sebaliknya, jika kukumu tampak seperti habis digigiti, kemungkinan besar ada jamur di kukumu!

Jamur pada kuku bisa menimbulkan infeksi yang ditandai dengan bercak kuning atau putih di permukaan kuku. Saat jamur kuku sudah menyebar, kuku akan mulai menghitam, pecah-pecah, bergerigi, dan terlihat seperti habis digigiti. Terkadang malah menibulkan rasa sakit juga. Yang menjengkelkan, jamur pada kuku tergolong membandel. Dia tidak bisa hilang sendiri, dan bahkan jika sudah diobati dengan obat-obat tertentu pun, terkadang masih suka muncul lagi. 

Nah, jika ini terjadi pada kukumu, tidak perlu khawatir. Kamu bisa menggunakan hidrogen peroksida sebagai terapi oksidasi. Itu karena ketika jumlah oksigen meningkat, jamur di kuku akan hancur dan mati, sehingga kukumu akan kembali sehat. Terlebih, dengan cara ini, jamur kukumu tidak akan kembali. 

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Gunakan hidrogen peroksida yang labelnya 3% saja. Lebih dari itu bisa berbahaya dan merusak kulit.
  2. Campurkan hidrogen peroksida dengan air dengan perbandingan 50:50. Jika kamu menggunakannya untuk kuku kaki, gunakan cuka apel. 
  3. Rendam kuku yang terinfeksi jamur dengan campuran tersebut selama 30 menit setiap hari. Lanjutkan selama sebulan, sampai jamurnya benar-benar hilang. 

Metode ini memang membutuhkan kesabaran. Ingat, menghilangkan jamur kuku memang tidak mudah. Jadi, disarankan untuk melakukan prosedur di atas tanpa bolong satu hari pun, karena bolong satu hari akan membuat cara kerjanya tidak efektif lagi. 

Penting untuk diingat, jamur kuku itu menular. Maka itu, jika kamu sudah melihat tanda-tanda adanya jamur kuku, segera obati. 

Untuk pencegahan supaya jamur kuku tidak datang lagi, selalu jaga agar kukumu pendek dan bersih. Keringkan tanganmu dengan sempurna setelah mencuci tangan, karena kuku yang basah akan menyebabkan tumbuhnya jamur. 

 

 

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER