SKINCARE

Apakah Scrub yang Kamu Gunakan Terlalu Kasar untuk Kulit Wajah?

Friday, 29/03/2019 14:02 WIB by nerissa arfiana, Facetofeet
Apakah Scrub yang Kamu Gunakan Terlalu Kasar untuk Kulit Wajah?
byrdie AU

Apa sih ciri yang membuat scrub bekerja secara efektif? Apakah scrub itu benar-benar harus terasa keras dan kasar pada kulit? Bagaimana scrub dengan butiran yang lebih lembut? Mungkin ini adalah sebagian pertanyaan bagi orang-orang yang memiliki kulit cukup sensitif tentang scrub ata exfoliating wajah. Nah, ini dia jawabannya dilansir dari situs Garnierusa,

sumber : La roche

Sebenarnya bagaimana sih ciri scrub yang terlalu kasar untuk kulit?

"Lulur terlalu keras untuk kulit jika kamu merasa teriritasi atau gatal setelah menggunakannya," kata Garnier berkonsultasi dengan dokter kulit Dr. Diane Madfes. “Lulur digunakan untuk pengelupasan kulit ringan dan setelah itu kulit akan terasa kencang. Ini adalah cara kerja scrub yang bagus dan memudahkan untuk membantu kulit terlihat lebih cerah,” tambahnya. Jadi jika kulit menjadi lebih sensitif dan merah untuk segala sesuatu yang bersentuhan kemungkinan kandungan scrub didalamnya terlalu keras

Ada dua faktor yang mungkin menyebabkan produk exfoliating terlalu kuat untuk kulit kamu yaitu komposisi granular dan tingkat keasaman. Jika kamu menggunakan mechanical peeling atau yang memiliki komponen beads, nut shells, sand, crystals, gula atau garam, kamu mungkin menggunakan sesuatu yang terlalu abrasif untuk kulit. Carilah produk yang lebih halus butirannya seperti oatmeal, cangkang kacang yang ditumbuk halus, atau tepung beras. Juga pastikan kamu tidak terlalu banyak memberi tekanan pada kulit. Saat menggunakan scrub, usahakan memijat kulit dengan lembut tanpa merusaknya.

Jika kamu menggunakan produk chemical peeling yang menggunakan asam untuk mengelupaskan sel kulit mati, maka perhatikan tingkat konsentrasi dan pH-nya. Jika kulit kamu bereaksi buruk terhadap suatu produk, cari sesuatu dengan pH lebih tinggi atau konsentrasi lebih rendah karena jika tidak, kulit mungkin akan mengering dan merusak kulit.

sumber : istock

Ada banyak produk pengelupasan yang bagus dan lembut di luaran sana dan bahkan scrubnya diformulasikan khusus untuk kulit sensitif. Kamu juga bisa mendapatkan efek dari pemakaian scrub bahkan dari handuk wajah yang biasa kamu gunakan sambil mengelap wajah. Namun, pastikan untuk mencuci handuk wajah secara teratur karena minyak yang terperangkap di dalam handuk dapat membuat kulit lebih rentan terhadap jerawat serta rutin untuk mengganti handuk agar tetap terjaga kebersihannya.

Recommended for You
Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER