SKINCARE

DIY: Masker Kulit Kepala untuk Segala Jenis Masalah (Ketombe, Kering, Iritasi, dll)

Friday, 04/12/2015 12:12 WIB by Kennissa, Facetofeet
DIY: Masker Kulit Kepala untuk Segala Jenis Masalah (Ketombe, Kering, Iritasi, dll)
vkool.com

Banyak dari kita yang mengalami masalah dengan kulit kepala dari waktu ke waktu. Dan masalah yang menjangkiti kulit kepala rasanya tidak nyaman dan gatal. Biasanya kulit kepala bermasalah dipicu oleh berbagai hal, salah satunya adalah bahan pembuat shampoo dan produk rambut yang selama ini kamu gunakan. Coba deh liat shampoo atau produk rambutmu, jika ada bahan sodium lauryl sulfate, maka kemungkinan besar kulit kepalamu akan kering dan iritasi. Ironisnya, shampoo yang berlabel anti ketombe dan iritasi ternyata justru bisa memicu iritasi itu sendiri. 

Nah, jika kamu mengalami masalah yang sama, tidak perlu khawatir. Yang perlu kamu lakukan adalah memberi kenyamaman pada kulit kepala melalui 3 bahan alami yang murah, sehat, dan melegakan ini. 

Yang kamu butuhkan adalah: 

  • Gel lidah buaya: Tanaman lidah buaya sudah dikenal manfaatnya untuk kesehatan. Salah satunya adalah kandungan anti-peradangannya yang bisa berguna menjadi pelembab alami sekaligus meredakan berbagai masalah kulit. 
  • Gliserin: Gliserin adalah humektan alami. Apa itu humektan? Humektan adalah bahan yang bisa membasahi suatu permukaan (dalam hal ini kulit). Glisering juga hipoalergenik dan bisa meningkatkan penyerapan oksigen pada kulit. 
  • Essential oil lavender: Lavender dikenal sebagai salah satu dari essential oil terbaik. Kandungannya memiliki zat anti-peradangan, antibakteri, dan antijamur. Essential oil ini tidak cuma bisa meredakan iritasi, tapi juga menstimulasi peredaran darah. 

Cara membuatnya: 

  1. Siapkan: 2 sendok makan gel aloe vera, 2 sendok makan gliserin, dan 5-10 tetes essential oil lavender. 
  2. Campurkan ketiga bahan tersebut dalam satu wadah. Pastikan ketiganya sudah tercampur merata ya. 
  3. Setelah itu, simpan di dalam wadah yang tertutup rapat. Supaya lebih tahan lama, kamu bisa simpan di dalam kulkas. 
  4. Cara penggunaan: oleskan di bagian kulit kepala yang bermasaah, atau di seluruh kulit kepala. Pijat lembut dan gosok-gosokkan dengan menggunakan ujung jari. Biarkan semalaman, dan bilas keesokan paginya. 

Mudah kan? Jadi, kalau kamu punya masalah di kulit kepala yang mengganggu, coba saja buat masker simpel ini. Selain mudah dibuat dan murah, masker ini juga sangat efektif. Gunakan tiap sebelum keramas dan lihat hasilnya dalam beberapa minggu. 

Selamat mencoba!

 

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
REVIEW
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER