SKINCARE

Surfaktan Pada Micellar Water, Memiliki Dampak Atau Tidak Ya?

Saturday, 09/11/2019 09:09 WIB by nerissa arfiana, Facetofeet
Surfaktan Pada Micellar Water, Memiliki Dampak Atau Tidak Ya?
well+good

Micellar water memang telah dipercaya dalam beberapa tahun ini untuk menjadi produk pembersih paling efektif, dan juga digunakan sebagai first step cleansing. Namun banyak juga yang mengandalkan produk ini sebagai final cleansing di waktu dan keadaan tidak terduga. Micellar water sendiri juga dianggap sebagai pembersih yang lembut daripada face wash yang memiliki kandungan sulfat di dalamnya.

Padahal micellar water juga dapat meninggalkan surfaktan di kulit, yang dapat menjadi iritasi tergantung pada jenis kulit lho. Jadi apa sih zat surfaktan ini dan apa ya risikonya?

Sudah Tahu Apa Itu Micellar Water?

Micellar water adalah campuran air dan kandungan minyak kecil "micell" yang dapat menarik dan membantu menghilangkan kotoran, makeup, dan kotoran dari permukaan kulit. Joshua Zeichner, Direktur Riset Kosmetik dan Klinis di Departemen Dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai, menjelaskan, “Micellar waterl itu adalah sebuah solusi pembersihan. Meskipun memiliki sifat dasar cair, ia banyak mengandung perangkap kotoran yang dikenal sebagai "micell" yang bisa menghilangkan kotoran dari kulit. Sedangkan Micell, pada dasarnya adalah surfaktan atau molekul minyak dalam air. ”

Lalu Apa Sih Surfaktan Itu?

Kandungan Surfaktan ditemukan di dalam banyak jenis sabun dan pembersih karena mampu menarik zat berminyak dari permukaan kulit. Dan pada dasarnya micellar water cukup lembut untuk membiarkan cairan tersebut tetap berada di kulit

"Meskipun kebanyakan orang dapat mentoleransi surfaktan yang meninggalkan residu pada kulit, beberapa surfaktan juga dapat mengiritasi. Dan beberapa orang bahkan mungkin memiliki alergi terhadap kandungan ini," kata Rachel Nazarian, seorang dokter kulit di Schweiger Dermatology Group di NYC.

Nah, kalau kamu memiliki alergi terhadap surfaktan yang menimbulkan reaksi seperti kulit menjadi merah, gatal, atau bengkak karena penggunaan berulang, kamu bisa membilas kembali wajah dengan air bersih setelah penggunaan micellar water.

Jadi Apakah Aman Menggunakan Surfaktan dalam Micellar Water dalam Jangka Panjang?

Secara teknis tidak ada dampak dalam jangka panjang ketika menggunakan micellar water walau kamu tidak membilasnya lagi .Namun jika kamu merasa kulit timbul iritasi, kamu hanya perlu membilas micellar water dari kulit wajah hingga bersih.

 

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER