SKINCARE

Serba-serbi yang Perlu Diketahui Tentang Manfaat Kecantikan dari Minyak Kelapa

Thursday, 05/12/2019 09:09 WIB by nerissa arfiana, Facetofeet
Serba-serbi yang Perlu Diketahui Tentang Manfaat Kecantikan dari Minyak Kelapa
healthline

Dalam beberapa tahun terakhir, minyak kelapa atau coconut oil telah menjadi salah satu bahan paling serbaguna dan membuktikan manfaatnya dari suatu fenomena budaya. Nah, kamu sendiri juga pasti sudah mengetahui jika minyak kelapa bisa digunakan untuk kesehatan rambut dan kulit, serta sangat baik dimasukkan ke dalam rutinitas kecantikan.

Apa itu Minyak Kelapa?

Minyak kelapa juga dikenal sebagai cocos nucifera yaitu minyak yang terbuat dari serat kelapa. Setelah daging bagian dalam kelapa mengering, bagiannya kemudian di cold-pressed untuk melepaskan minyak yang merupakan tekstur semi-padat yang tidak jauh berbeda dari petroleum jelly.

Lalu apa bedanya, minyak kelapa dengan sepupunya, santan dan air kelapa?
Nah, ketiganya berbeda lho girls, Sementara minyak kelapa memiliki cara ditekan atau diekstraksi dari daging bagian dalam kelapa, santan dibuat dengan cara memeras daging bagian dalamnya dan merendamnya dalam air. Sedangkan air kelapa adalah cairan bening yang ditemukan pada kelapa muda berwarna hijau.

Di bidang kecantikan, minyak kelapa pertama kali menjadi digunakan secara umum dalam pembuatan sabun, karena memiliki formula yang melembabkan. Sejak itu, minyak kelapa mulai meraih popularitas, dan sekarang digunakan sebagai bahan dalam formula berbagai produk kecantikan.

Cara Memilih Minyak Kelapa

Ada beberapa cara berbeda untuk membuat minyak kelapa, dan proses itu penting ketika mencoba mencari tahu bagaimana menghasilkan produk minyak kelapa yang tepat. Jika minyak kelapa dianggap “dimurnikan,” ini berarti minyak kelapa itu memiliki proses diputihkan, dipanaskan, atau diolah dengan bahan kimia. Alternatifnya adalah ekstraksi yang cold-pressed, di mana asam lemak dan antioksidan yang berharga itu lebih cenderung tetap utuh. Disinilah formula terbaik yang dapat digunakan di dalam produk kecantikan

Minyak Kelapa untuk Rambut

Jika kamu ingin menjaga rambut tetap terhidrasi, carilah sampo dan kondisioner yang diformulasikan dengan ekstrak minyak kelapa. Menyimpan sampo dan kondisioner di kamar mandi dengan aroma kelapa yang menenangkan dapat membantu membawa kamu merasa tenangs. Tapi itu hanya bonus girls, karena sifat utama pelembab di dalam minyak kelapa dapat membantu memberikan hidrasi pada rambut

Salah satu manfaat produk rambut yang diformulasikan dengan minyak kelapa adalah kemampuannya membantu mengatur rambut keriting dan rambut kusut. Rambut keriting yang terlihat adalah tanda dari rambut kering.Jika rambut mendapat kelembaban yang cukup, hal ini tentunya dapat membantu mengatasi masalah rambut yang terlihat dan membantu meminimalkan penampilan rambut yang kusut sekaligus membuatnya tampak berkilau dan lembut.

Masukkan produk yang diformulasikan dengan minyak kelapa ke dalam setiap rutinitas perawatan rambut kamu untuk mendapatkan hasil yang optimal. Selain produk rambut yang diformulasikan dengan minyak kelapa, kamu juga bisa coba produk yang diformulasikan dengan campuran minyak yang mengandung minyak kelapa, minyak alpukat, minyak argan, atau minyak jojoba yang juga dapat memberikan kelembaban pada rambut.

Jika rambut terlihat sangat kering, rusak, atau bahkan rentan kusut, Gunakan juga masker rambut yang dapat membantu memberi kelembaban pada rambut serta kondisioner yang yang dapat membantu mengembalikan kondisi rambut yang lembab, berkilau dan mengurangi penampilan rambut kusut karena kekeringan.

Minyak Kelapa untuk Kulit

Lapisan atas kulit dapat membantu menyediakan pelindung yang terbuat dari lipid untuk membantu melindungi kulit dari agresor luar seperti polusi dan bakteri yang juga dapat membantu menjaga kelembabpan pada kulit. Nah,jJika penghalang kulit atau skin barrier ini menjadi rusak akibat kondisi eksternal, uap air dapat merembes keluar dari kulit dan menyebabkan kulit tampak kering. Karena alasan inilah, produk perawatan kulit yang diformulasikan dengan minyak kelapa juga dapat membantu meningkatkan tampilan kulit kering dan kasar.

Baca juga :

Sudah Tahu Manfaat Air Kelapa untuk Kecantikan Kulit Kamu Ini, Girls?
Ini Rekomendasi Brand Skincare yang Ramah Lingkungan dan Menggunakan Bahan Organik
Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER