SKINCARE

Jerawat Sering Muncul Kembali di Spot yang Sama? Ini Dia Penyebabnya, Girls!

Thursday, 19/12/2019 09:09 WIB by nerissa arfiana, Facetofeet
Jerawat Sering Muncul Kembali di Spot yang Sama? Ini Dia Penyebabnya, Girls!
pinterest

Permasalahan jerawat memang selalu bahan yang menarik untuk dibahas. Karena jerawat seringkali terjadi pada semua orang, baik itu perempuan atau laki-laki serta, jerawat pun juga sering terjadi di berbagai usia. Nah bagi kamu yang pernah mengalami masalah kulit ini, pernah tidak sih merasa jerawat kembali muncul bahkan di spot yang sama?

Dilansir dari stus The Klog, Joshua Zeichner, seorang dokter kulit dan direktur penelitian kosmetik dan klinis di bidang dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai di New York City. menjelaskan beberapa hal penting dan alasan untuk menjawab pertanyaan ini.

Mengapa Jerawat Terjadi Lagi di Tempat yang Sama?

Pertama, kita perlu mengetahui tentang beberapa jenis jerawat yang biasa muncul. Setidaknya ada tiga kategori berbeda yaitu: jerawat komedo, jerawat inflamasi, dan kista serta nodul.

Komedo adalah folikel rambut yang tersumbat dengan kotoran, sebum, dan sisa-sisa makeup atau kotoran yang terperangkap sehingga menyebabkan pori-pori menjadi terinfeksi.

Sedangkan jerawat peradangan atau inflamasi acne dapat digambarkan sebagai acne yang meradang dan menghasilkan benjolan merah yang lembut yang berisi nanah dan bakteri.

Terakhir, jerawat kistik terdiri dari bintik-bintik yang lebih besar yang bersarang jauh di dalam kulit dan bisa memakan waktu mulai dari minggu hingga bulan dan biasanya menyakitkan saat disentuh.

Kondisi jerawat dapat muncul kembali dalam segala bentuk, tetapi jerawat kistik biasanya menjadi penyebab paling utama. "jerawat kistik adalah jerawat besar di bawah kulit yang seperti balon yang menempel pada kelenjar minyak ," kata Dr. Zeichner. Ketika jerawat ini terisi dengan minyak, mereka menjadi meradang. Setelah peradangan membaik, calon jerawat masih tetap ada dan sering menjadi meradang lagi di masa depan. inilah sebabnya setiap orang cenderung mendapatkan jerawat di tempat yang sama berulang kali.

sumber : onhealth.com

Mencoba memencet jerawat pun sebenarnya dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan.
"Jika ada kerusakan atau jaringan parut pada kelenjar minyak atau folikel, hal itu dapat mengganggu aliran minyak untuk keluar dari kelenjar ke permukaan kulit. Ketika aliran minyak tidak keluar dan terjadi penyumbatan, maka hal ini dapat menyebabkan jerawat kembali berulang."kata Dr. Zeichner.

Alasan lain mengapa kamu harus menghindari memencet atau menyentuh segala jenis jerawat adalah karena ketika kamu memencet jerawat, belum tentu semua kotoran atau kelenjar minyak keluar. Bisa saja hal tersebut justru meninggalkan bakteri, dan dapat menyebabkan spot itu kembali meradang. Selain itu bakteri bisa juga menyebar ke spot lainnya yang berdekatan dan membuatnya tampak seperti jerawat yang sama muncul kembali, walaupun itu sebenarnya adalah jerawat yang baru.

Baca juga :

Begini Panduan Untuk Multi Masking Buat Kulit Berminyak dan Berjerawat
Ini Rekomendasi Skincare Korea yang Bisa Menghilangkan Bekas Jerawat
Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER