SKINCARE

Wajibkah Pakai Sunscreen Saat Di Dalam Rumah? Ini Alasannya

Monday, 30/03/2020 14:02 WIB by Febri, Facetofeet
Wajibkah Pakai Sunscreen Saat Di Dalam Rumah? Ini Alasannya
elle.clarin.com

Lagi WFH seperti sekarang pasti banyak yang mempertanyakan apakah pemakaian sunscreen tetap perlu saat sedang di dalam rumah? Jawabannya adalah “Tetap Harus Pakai Sunscreen”.

Sunscreen sering kali dikenal sebagai produk perawatan kulit untuk melindungi dari bahaya sinar matahari, karena itulah produk satu ini sering dianggap hanya perlu digunakan saat keluar rumah saja. Padahal hal tersebut salah dan tidak dianjurkan jika ingin memiliki kulit yang lebih sehat dan terawat.

Saat cuaca mendung dan tidak terlihat sinar matahari serta saat berada diruangan tertutup, kebanyakan perempuan juga memilih untuk melewatkan penggunaan sunscreen. Ini juga merupakan tindakan yang akan membuat kulitmu gagal glowing lho, girls.

Alasan mengapa kamu tetap perlu menggunakan sunscreen walaupun cuaca mendung dan seharian di dalam rumah adalah karena walaupun tidak terlihat, sinar UV atau Ultraviolet tetap dapat menembus ruangan melalui sela-sela kaca , pintu dan juga jendela. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa sinar UV baik UV A maupun UVB memiliki dampak buruk bagi kesehatan kulit. Untuk itu produk sunscreen tetap diperlukan walaupun sedang tidak terpapar sinar matahari langsung.

Bahaya yang dapat ditimbulkan dari paparan sinar UV ke kulit adalah dapat menyebabkan penuaan dini seperti flek hitam dan keriput serta sunburn yang menimbulkan rasa perih pada kulit. Bahkan menurut sebuah penelitian menggunakan sunscreen secara rutin dapat mencegah resiko kanker kulit dan juga dampak buruk seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.


Lalu Bagaimana Cara Pakai Sunscreen yang Benar Saat Sedang di Rumah?

medium.com

Saat akan keluar rumah, biasanya sunscreen yang digunakan mengandung SPF dengan jumlah yang tinggi seperti SPF 50 dan digunakan 15-30 menit sebelum keluar rumah. Sementara jika sedang tidak kemana-mana dan berada didalam ruangan seharian, SPF yang dibutuhkan lebih kecil seperti SPF 15 atau SPF 30. 

Walaupun begitu, tetap disarankan untuk menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF 30 agar kulit lebih terjaga dari sinar matahari. Selain itu, perlu diingat bahwa penggunaan sunscreen haruslah dalam keadaan kulit yang kering atau tidak basah untuk menghindari kinerja sunscreen yang kurang maksimal.

Satu hal lagi yang perlu diingat, walaupun sedang didalam rumah, namun penggunaan sunscreen tetap harus diulang setidaknya 3 jam sekali sampai malam hari agar kulit tetap terlindungi setiap saat.

Yuk mulai biasakan menggunakan sunscreen untuk mewujudkan skin goals kalian!

 

Baca Juga:

QUIZ: Berapa SPF yang Kamu Butuhkan Sehari-hari?

Sebenarnya Apa Kegunaan SPF dan PA++ Pada Sunscreen?

Tidak Hanya Wajah & Badan, Ini Area yang Tidak Boleh Dilupakan Saat Memakai Sunscreen

Hati-hati! Segera Berhenti Pakai Sunscreen Jika 3 Tanda Ini Muncul

Sebelum Melindungi Kulit dari Sinar Matahari, Ketahui Dulu Fakta Tentang UVA dan UVB

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER