SKINCARE

Jenis-Jenis Jerawat yang Dapat Mengganggu Penampilan Kamu

Friday, 12/06/2020 16:04 WIB by Raudya Annisa, Facetofeet
Jenis-Jenis Jerawat yang Dapat Mengganggu Penampilan Kamu
pinterest.com

Girls, tau nggak sih kalau terdapat berbagai jenis bekas jerawat yang dapat mengganggu penampilan kamu? Contohnya seperti bekas jerawat yang meninggalkan noda hitam hingga bekas jerawat yangmembuat testur kulit menjadi tidak rata. Biasanya bekas jerawat seperti ini disebabkan oleh munculnya jerawat yang meradang, sehingga dapat merusak lapisan kulit. Nah, selain itu ada bekas jerawat seperti apa lagi ya? Simak yuk!

 

Hyper Pigmentation

Bekas jerawat jenis hyper pigmentation ini bukanlah bekas jerawat yang dapat merusak stuktur kulit, hanya saja meninggalkan noda hitam sehingga wajah terlihat lebih kusam. Untuk mengatasi bekas jerawat jenis ini, biasanya dibutuhkan waktu kurang lebih selama 6 bulan hingga 1 tahun. 

Kamu dapat manfaatkan kandungan vitamin C, Niacinamide, dan kandungan Licorice yang dikenal ampuh untuk mengatasi noda hitam bekas jerawat. Selain itu, kamu juga perlu menggunakan sunscreen agar hyper pigmentation tidak semakin buruk.

 

Ice Pick Scar

Jenis bekas jerawat yang satu ini menyebabkan adanya perubahan pada stuktur kulit. Ciri-cirinya yaitu berukuran kecil dan meninggalkan bekas yang dalam. Biasanya jenis bekas jerawat yang satu ini cukup sulit untuk dihilangkan karena dapat merusak kulit hingga ke lapisan dermis. Ice pick scars muncul karena disebabkan oleh jerawat kistik. Untuk mengatasinya, kamu dapat melakukan treatment lalser, punch-out excisions, dsb.

 

Boxed Scars

Bekas jerawat boxed scars memiliki ciri-ciri bentuk yang lebar seperti kotak yang disebabkan oleh munculnya jerawat yang meradang. Bekas jerawat yang satu ini terbentuk karena rusaknya jaringan kolagen pada wajah dan hilangnya jaringan tissue pada kulit wajah kita.

Untuk mengatasinya kamu perlu melakukan beberapa treatment seperti mikrodermabrasi, derma filler, chemical peeling laser surfacing, dsb. Sebelum melakukan treatment, konsultasikan dulu masalah kulit kamu ya dengan dokter kecantikan.

 

Hypertrophic Scar

Bekas jerawat ini biasa disebut dengan keloid, karena bekas lukanya meninggalkan noda hitam yang menonjol. Dapat terjadi karena tubuh tidak sengaja memproduks banyak sel saat memperbaiki sel kulit yang rusak. Untuk menghilangkan jenis jerawat ini kamu dapat menggunakan skincare dengan kandungan retinol topical atau melakukan beberapa treatment pada klinik kecantikan.

 

Rolling Scar

Bekas jerawat rolling scar ini membuat tekstur kulit menjadi tidak merata akibat timbulnya jerawat yang meradang dalam jangka waktu yang lama. Biasanya, semakin bertambah umur kamu, maka bekas jerawat ini akan semakin terlihat.

Untu menghilangkan bekas jerawat rolling ini kamu bisa melakukan treatment khusus pada klinik kecantikan untuk meratakan tekstur kulit wajahmu.

 

Itulah jenis-jenis bekas jerawat yang dapat mengganggu penampilan wajah kamu. Kalo kamu sendiri pakai produk apa saja untuk menghilangkan bekas jerawat? Komen dibawah yaaa!

 

Baca Juga:

7 Hal Penting yang Patut Diingat Buat Kamu Pemilik Acne Prone Skin

4 Jenis Pigmentasi Pada Kulit yang Wajib Kamu Ketahui

Girls, Pisang Bisa Jadi Salah Satu Skincare Yang Bermanfaat Untuk Kulitmu

Apa Saja Sih Manfaat Vitamin E Untuk Kesehatan Kulit?

5 Krim Mata Ampuh Ini Cocok Banget Buat Kamu yang Kulitnya Gampang Iritasi

Recommended for You
Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER