SKINCARE

Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Physical Exfoliation dan Chemical Exfoliation

Thursday, 18/06/2020 17:05 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Physical Exfoliation dan Chemical Exfoliation
pinterest.com

Salah satu ritual skincare yang harus rutin dilakukan ada mengeksfoliasi wajah girls. Eksfoliasi sendiri adalah istilah untuk mengangkat sel kulit mati pada permukaan wajah. Fungsinya supaya kulit terhindar dari kusam karena menumpuknya sel kulit mati, membersihkan kotoran secara maksimal, dan menghilangkan komedo.

Dalam dunia perawatan sendiri dikenal dua jenis eksfoliator, yakni physical exfoliation dan chemical exfoliation. Perbedaan ini berdasarkan dari jenis tekstur dan kandungannya girls. Mengetahui perbedaan keduanya bermanfaat supaya kamu tak salah menentukan jenis eksfoliasi apa yang cocok dengan tipe kulitmu. Karena kalau salah memilih, kulitmu bisa mengalami iritasi lho! Yuk baca sampai habis supaya kamu tau perbedaannya!

Physical Exfoliation

Jenis eksfoliasi ini biasanya menggunakan ‘alat bantu’ untuk membuang sel kulit mati yang terdapat pada permukaan kulit girls. Alat bantu yang dimaksud adalah butiran scrub dengan tekstur yang kasar dan berpasir jika diaplikasikan pada kulit. Jenis eksfoliasi ini cocok untuk kulit normal hingga berminyak girls. Biasanya, bahan yang digunakan untuk physical exfoliation bersifat alami seperti dari biji apricot, anggur, dan ekstrak tanaman lainnya. Meskipun aman untuk jenis kulit normal dan berminyak, kamu tak boleh menggosok wajah terlalu keras ketika menggunakan produk physical exfoliation girls! Hal ini akan membuat kulit menjadi iritasi dan menipis sehingga akan merusak kulit!

Chemical Exfoliation

Jika physical exfoliation biasanya menggunakan scrub dan bahan alami untuk membersihkan sel kulit mati, maka chemical exfoliation menggunakan bahan kimia untuk masuk ke dalam kulit dan membersihkan sel kulit yang menumpuk. Bahan kimia yang digunakan biasanya berupa AHA dan BHA yang berfungsi untuk meregenerasi sel kulit, membersihkan sel kulit mati, serta membuat wajah lebih dewy dan sehat. Produk chemical exfoliation yang bisa kamu gunakan adalah beberapa jenis toner, serum, atau lotion yang bertekstur cair. Kandungan AHA pada produk chemical exfoliation cocok digunakan untuk kamu yang memiliki tipe kulit normal atau sensitif dengan masalah kulit kusam dan warna kulit yang tidak rata. Sedangkan kandungan BHA berfungsi untuk mengatasi masalah kulit blackhead, whitehead, pori-pori besar, serta milia.

 

Baca juga:

Wajahmu Tampak Kusam? Cerahkan dengan Berbagai Skincare yang Mengandung Vitamin C Ini Girls

Girls, Dapatkan Kulit Sehat dan Halus dengan Berbagai Skincare yang Mengandung Vitamin E Ini!

Ini Dia Rekomendasi Skincare yang dapat Meredakan Kemerahan Karena Sensitif

Girls, Yuk Cari Tahu Beragam Jenis Clay Mask yang Sesuai dengan Jenis Kulitmu!

Sama-sama Melembapkan Ternyata Ini Lho Perbedaan Hydrating dan Moisturizer!

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER