SKINCARE

Wajib Tahu! Ini Dia Semua Fakta Mengenai Label Hypoallergenic yang Sering Ditemukan Pada Label Skincare

Thursday, 24/09/2020 11:11 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Wajib Tahu! Ini Dia Semua Fakta Mengenai Label Hypoallergenic yang Sering Ditemukan Pada Label Skincare
freepik.com

Ketika melihat iklan, review atau kemasan suatu produk skincare, diantara kamu pasti ada yang pernah menemukan label ‘Hypoallergenic’ di dalamnya. Lantas apa sih sebenarnya yang dimaksud hypoallergenic? Menurut berbagai sumber, hypoallergenic merupakan suatu label yang menunjukan bahwa skincare tersebut nggak mengandung bahan-bahan yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit girls. Tapi pertanyaannya, apakah benar skincare yang  memiliki label hypoallergenic sudah pasti aman dan 100% nggak akan menimbulkan reaksi alergi? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk kita simak artikel ini hingga habis!

Dilansir dari Byrdie.com (24/09/2020) Erica Douglass yang merupakan pakar kimia kosmetik dari Sister Scientist mengatakan “Biasanya suatu brand menggunakan label ‘hypoallergenic’ untuk menandakan bahwa suatu produk mengandung lebih sedikit bahan yang biasanya menyebabkan reaksi alergi.” Akan tetapi, hingga saat ini sebenarnya belum ada standar universal mengenai bahan-bahan apa saja yang menyebabkan alergi girls. Alergi sendiri sangat unik dan tergantung dengan tubuh seseorang yang sifatnya berbeda-beda. Maka dari itu, nggak mungkin rasanya untuk memastikan suatu produk dikatakan nggak menyebabkan reaksi alergi pada seluruh penggunanya.

Apakah Label Hypoallergenic Dipastikan Aman

Erica Douglass mengatakan “Sayangnya tidak, nggak ada jaminan yang membuat para konsumen benar-benar yakin kalau label ‘hypoallergenic’ tidak akan menyebabkan reaksi alergi pada kulitnya.” Harus kita ketahui, ada banyak sekali zat kimia yang diketahui menyebabkan reaksi alergi pada kulit seseorang, tapi ini tergantung dengan jenis kulit itu sendiri, karena setiap kulit punya karakteristik masing-masing girls.

Menurut Erica Douglass cara terbaik untuk melindungi diri dari reaksi alergi adalah dengan mencari tahu sendiri kandungan skincare apa saja yang nggak cocok pada kulit kita. Setelah mengetahuinya, pastikan selalu mengecek kandungan tersebut pada skincare yang ingin kita beli.

Sementara Victoria Fu yang merupakan ahli kimia mengatakan, “Kalau kulitmu mudah sensitif atau mengalami alergi, ada beberapa bahan yang bisa diperhatikan dalam kandungan suatu produk seperti dan bahan pengawet.” Menurut Victoria Fu, kedua bahan ini merupakan kandungan yang seringkali menyebabkan permasalahan pada kulit. Perhatikan juga kandungan kimia yang bisa mengakibatkan efek buruk pada kulit seperti paraben, alkohol buruk dan sebagainya.

 

Baca juga:

Berikut Ini Berbagai Skincare dengan Kandungan Rose Water yang Bisa Merawat Kulit Sensitif

5 Langkah Aman Untuk Eksfoliasi Kulit Buat Kamu yang Kulitnya Sensitif

Ini Dia Deretan Pembersih Wajah yang Aman Untuk Kulit Sensitif

Menurut Dermatologis, Inilah Cara Tepat Memilih Produk Untuk Kulit Sensitif

Deretan Exfoliating Toner Ini Sangat Cocok Untuk Menutrisi Kulit Kering Tanpa Bikin Iritasi

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER