SKINCARE

Sering Dibilang Bisa Atasi Masalah Jerawat, Yuk Cek Dulu Plus Minus Penggunaan Cuka Apel Pada Kulit

Thursday, 22/10/2020 15:03 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Sering Dibilang Bisa Atasi Masalah Jerawat, Yuk Cek Dulu Plus Minus Penggunaan Cuka Apel Pada Kulit
cosrx.com

Kalau melihat tips menghilangkan jerawat pada halaman YouTube, seringkali kita akan melihat orang yang merekomendasikan untuk menggunakan cuka apel untuk mengatasinya girls. Bahkan, bahan makanan yang satu ini sering disebut-sebut sebagai holy grail oleh para beauty enthusiast. Lantas, sebenarnya apakah benar cuka apel bisa memberikan manfaat yang baik pada kulit? Sebelum coba-coba simak dulu yuk penjelasannya!

Cuka apel mengandung komponen antioksidan dan antibakteri yang sangat tinggi sehingga dinilai ampuh untuk membunuh bakteri penyebab jerawat yang bernama Propionibacterium acnes. Selain itu, cuka apel juga dinilai bisa membersihkan pori-pori yang tersumbat, mempercepat pengelupasan kulit, serta memperbaiki tekstur kulit girls.

Apakah Aman Mengaplikasikan Cuka Apel Pada Kulit?

Dilansir dari hellosehat.com (22/10/2020) menurut dokter dr. Listya Paramita, Sp.KK, dokter spesialis kulit yang berpraktik di Elsheskin Aestetic Clinic, cuka apel merupakan bahan alami yang nggak disarankan untuk dioleskan secara langsung pada kulit girls. Hal ini disebabkan karena belum adanya penelitian lebih lanjut mengenai manfaat cuka apel pada wajah.

Maka dari itu, efek penggunaan cuka apel nggak bisa dipastikan dapat memberikan manfaat yang baik bagi kulit dan terlalu beresiko. Untuk orang yang jenis kulitnya normal dan nggak bermasalah, mungkin cuka apel nggak memberikan efek negatif. Akan tetapi, pada kulit yang sensitif, penggunaan cuka apel yang sifatnya sangat asam ini berpotensi menyebabkan iritasi dan memperparah kondisi kulit.

Selain itu, perlu diketahui kalau cuka apel memiliki tingkat asam yang sangat tinggi yakni pH berkisar antara 2-3. Mengoleskannya bahan se-asam itu pada kulit akan berpotensi menyebabkan iritasi, ruam, efek panas, gatal, bahkan terbakar!

Bagaimana Cara Mencoba Cuka Apel dengan Aman?

Kalau kamu penasaran banget dengan cuka apel, ada cara aman untuk mencobanya. Cuka apel nggak boleh langsung diaplikasikan pada air, tapi harus dicampur air terlebih dahulu dengan perbandingan cuka apel dan air sebagai berikut, 1:4 untuk kulit kering, 1:2 untuk kulit normal, dan 1:1 untuk kulit berminyak.

Untuk memastikan nggak terjadi iritasi pada wajah, kamu bisa mengaplikasikan cuka apel pada belakang telinga atau bawah dagu lalu rasakan apakah ada efek panas ketika pemakaian. Kalau dirasa aman, kamu bisa mengaplikasikannya pada wajah lalu tunggu efek pemakaian di kali pertama. Kalau dirasa panas atau gatal, jangan dilanjutkan ya!

 

Baca juga:

Sebetulnya Bisa Tidak Sih Cuka Apel Mengobati Kulit Berjerawat?

Menghilangkan Kutil Dengan Cuka Apel: Simpel dan Terbukti!

Sebetulnya Bisa Tidak Sih Cuka Apel Mengobati Kulit Berjerawat?

3 Resep Mengolah Apel Untuk Kecantikan Kulit

Kourtney Kardashian Rutin Konsumsi Cuka Apel Dua Kali Sehari, Apa Ya Manfaatnya?

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER