SKINCARE

Punya Kulit Kering yang Berjerawat? Ketahui Apa Penyebabnya dan Bagaimana Cara Mengatasinya

Monday, 26/10/2020 17:05 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Punya Kulit Kering yang Berjerawat? Ketahui Apa Penyebabnya dan Bagaimana Cara Mengatasinya
pinterest.com

Banyak yang masih mengira kalau jerawat hanya berkaitan dengan kondisi kulit yang berminyak saja girls, tapi ternyata kulit kering pun bisa mengalami jerawat lho! Kira-kira apa ya yang menyebabkan kondisi ini? Yuk simak terus supaya tahu penjelasannya.

Sebelumnya perlu kita tahu definisi kulit kering adalah kondisi dimana kulit kekurangan hidrasi pada lapisan pelindung luar kulit. Banyaknya hidrasi pada kulit sendiri dipengaruhi oleh banyak faktor seperti genetik, usia, pola hidup, penggunaan skincare, dan sebagainya. Hal yang membedakan kulit kering dan berminyak adalah banyaknya minyak yang diproduksi oleh kulit girls.

Kalau pada kulit berminyak, minyak yang dihasilkan terkesan berlebihan sementara pada kulit kering minyak yang dihasilkan akan lebih sedikit. Meski terkesan lebih sedikit, kulit yang kering tetap menghasilkan minyak alami yang tujuannya menjaga kelembapan pada lapisan kulit terluar serta menjaga struktur kulit supaya nggak mudah rusak.

Akan tetapi kurangnya hidrasi atau cairan bisa membuat kulit menjadi semakin kering. Hal ini pun akan merangsang kelenjar sebasea untuk menghasilkan minyak alami atau sebum untuk memberikan perlindungan pada lapisan luar kulit. Apabila produksinya berlebihan, sebum ini akan menyumbat pori sehingga menyebabkan masalah jerawat.

Hal yang Harus Dilakukan Untuk Merawat Kulit Kering Berjerawat

Seperti yang kita tahu, jerawat yang muncul bisa terjadi karena kurangnya hidrasi pada kulit. Maka dari itu, penting banget untuk mencukupi kebutuhan hidrasi kulit. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan memilih produk yang bersifat hydrating dan moisturizing. Nggak lupa, untuk mengatasi jerawat, kamu pun bisa menggunakan kandungan yang dapat menenangkan jerawat tanpa membuatnya semakin kering.

  • Pilih Facial Wash yang Tidak Mengandung Banyak Busa Serta Dilengkapi dengan Pelembap

Pemilik kulit kering seringkali khawatir untuk menggunakan facial wash karena bisa menyebabkan kondisi kulit keringnya semakin parah. Untuk memilih facial wash yang tepat, kamu bisa memilih yang teksturnya seperti gel dan nggak mengandung banyak busa yang dapat menghilangkan cairan dan minyak secara berlebihan. Pastikan juga facial wash yang dipilih dilengkapi dengan kandungan yang sifatnya melembapkan ya!

  • Hindari Kandungan yang Bisa Memperparah Kondisi Kulit Kering

Ada beberapa kandungan yang bisa membuat kulit semakin kering seperti alkohol, fragrance, salicylic acid dan benzoil perokside. Meski salicylic acid dan benzoil perokside dapat membunuh bakteri dan merawat jerawat, kandungan ini bisa membuat kulit semakin kering hingga terkelupas sehingga nggak disarankan girls.

  • Pilih Kandungan Bersifat Calming Untuk Mengatasi Jerawat

Untuk meredakan jerawat, kamu bisa memilih kandungan yang sifatnya calming seperti aloe vera, chamomile, centella asiatica, calendula, Vitamin E, Vitamin C atau niacinamide. Bahan-bahan tersebut dapat menenangkan peradangan pada jerawat sekaligus merawatnya tanpa membuat kulit terasa semakin kering. Pastikan juga produk yang kamu pilih mengandung bahan tambahan seperti hyaluronic acid untuk memberikan kelembapan tambahan pada kulit.

 

Baca juga:

Ini 5 Kandungan dalam Makeup yang Wajib Dihindari Pemilik Kulit Kering

Kandungan Skincare Ini Sangat Cocok Untuk Kulit Kering dan Bikin Glowing, Cobain Yuk!

Atasi Kulit Kering dengan Deretan Cream Skin yang Ampuh Menghidrasi Wajah Secara Maksimal

Deretan Exfoliating Toner Ini Sangat Cocok Untuk Menutrisi Kulit Kering Tanpa Bikin Iritasi

Bisa Atasi Breakout dan Kulit Kering, Ini Dia 7 Facial Wash dengan Kandungan Low pH

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER