SKINCARE

Ini Penjelasan Mengenai Efek Tingling Ketika Mengaplikasikan Skincare

Thursday, 03/12/2020 15:03 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Ini Penjelasan Mengenai Efek Tingling Ketika Mengaplikasikan Skincare
stylevana.com

Pernah nggak sih merasakan efek cekit-cekit atau perih ketika mengaplikasikan skincare? Itulah yang disebut efek tingling girls. Kebanyakan orang justru menikmati efek cekit-cekit ini karena berpikiran kalau rasa tersebut menandakan skincare mereka bekerja di dalam kulit nih. Lantas, sebenarnya apa sih yang dimaksud tingling atau efek cekat-cekit ini? Baca terus untuk tau penjelasannya ya!

Penyebab Efek Tingling Ketika Mengaplikasikan Skincare

Menurut penelitian ilmiah, ada 3 hal yang menyebabkan proses pengaplikasian skincare menimbulkan efek tingling nih. Diantaranya adalah :

  • Perbedaan pH antara kulit dan produk skincare yang diaplikasikan

Pada umumnya pH wajah alami kita adalah sedikit asam, yakni berkisar di antara 4,2 - 5,6 nih girls. Ketika kondisi pH alami kulit kita terkena suatu produk yang pH nya jauh lebih asam ataupun basa, efek tingling dapat terjadi. Namun, efek ini akan terjadi selama beberapa menit saja kemudian hilang ketika kulit dapat menyesuaikan diri dengan kondisi tersebut.

  • Menggunakan Kandungan yang Sifatnya Mengeksfoliasi Kulit

Eksfoliasi merupakan pengelupasan sel kulit mati yang harus dilakukan secara rutin supaya regenerasi dapat berlangsung dengan baik girls. Beberapa kandungan yang bermanfaat untuk eksfoliasi adalah AHA seperti lactic acid dan glycolic acid, BHA seperti salicylic acid, serta Vitamin C. Ketika kandungan eksfoliasi tersebut mengelupas kulit, syaraf pada kulit akan terpengaruh lalu secara otomatis merespon proses tersebut dengan sensasi tingling.

  • Adanya Kandungan Menthol atau Mint

Alasan terakhir yang mungkin menyebabkan sensasi tingling tentunya adanya bahan yang menimbulkan efek cooling seperti mint, menthol, peppermint dan sebagainya. Efek cooling tersebut bermanfaat untuk menyegarkan atau membersihkan kulit lebih maksimal.

Sensasi tingling yang aman biasanya hanya berlangsung sementara saja, yakni 5-10 menit saja. Selain itu, sensasi tingling yang aman tentunya tidak diikuti rasa perih berlebihan yang lama, terbakar, atau kemerahan pada kulit girls. Kalau sensasi tingling berlangsung lama dan terasa membahayakan, segera stop penggunaan produk tersebut karena bisa jadi kandungannya atau konsentrasinya tak cocok dengan kulitmu.

 

Baca juga:

5 Produk Vitamin C Ini Ampuh Hilangkan Bekas Jerawat Membandel

Kamu Nggak Cocok dengan Skincare Baru Itu Kalau 7 Hal Ini Terjadi

10 Istilah yang Sering Kamu Dengar Saat Membahas Skincare, Sudah Tahu Belum?

Deretan Exfoliating Toner Ini Sangat Cocok Untuk Menutrisi Kulit Kering Tanpa Bikin Iritasi

Mau Eksfoliasi Kulit Tanpa Iritasi? Perhatikan 5 Hal Ini!

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER