SKINCARE

Obati Jerawat Pakai Kentang Jadi Tips Terkenal di TikTok, Beneran Ampuh Nggak Sih?

Friday, 19/02/2021 13:01 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Obati Jerawat Pakai Kentang Jadi Tips Terkenal di TikTok, Beneran Ampuh Nggak Sih?
freepik.com

Siapa nih yang aktif di TikTok? Pastinya kamu akan sering melihat banyak tips dan trik sehari-hari termasuk dalam rutinitas kecantikan. Baru-baru ini beredar tips menyembuhkan jerawat dengan menempelkan kentang lho! Wah apakah trik ini ampuh untuk dilakukan? Atau malah sebaliknya berbahaya untuk kulit? Simak penjelasannya yuk!

Dilansir dar Byrdie, seorang dokter kulit sertifikat Boston bernama Gretchen Frieling , MD, menjelaskan bahwa Pertama, kentang memiliki kandungan yang dapat meredakan peradangan dan menyerap minyak berlebih pada kulit. Poin kedua, kentang pun kaya akan Vitamin C dan niacin yang dapat meminimalisir risiko munculnya bekas jerawat kehitaman. Dan poin ketiga, kentang juga memiliki kandungan enzim katekolase yang dapat mencerahkan kulit dan menghilangkan flek hitam.

Meski memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kulit, Gretchen Frieling tetap menegaskan kalau perlu penelitian lebih lanjut tentang keamanan kentang untuk digunakan sebagai perawatan DIY di rumah girls. Hal ini karena tak semua kulit menunjukan reaksi yang sama saat menggunakan kentang untuk perawatan.

Bagaimana Cara Menggunakan Kentang Untuk Meredakan Jerawat

Menurut para TikTokers, kamu dapat memanfaatkan kentang dengan cara memotongnya lalu menempelkannya pada jerawat sebelum tidur, lalu diamkan semalaman. Akan tetapi, Gretchen Frieling menekankan tips yang lebih aman dan mendetail untuk memanfaatkan kentang sebagai perawatan jerawat yaitu sebagai berikut :

  • Ambil saatu buah kentang lalu cuci hingga bersih
  • Kupas kulit kentang, penting untuk diperhatikan kamu harus mencuci terlebih dahulu baru mengupas kentang. Hal ini dikarenakan ada lapisan daging kentang yang bermanfaat dan tak boleh dibilas dengan air supaya fungsinya tak hilang
  • Tumbuk kentang menjadi halus, lalu uji pada kulit dengan menempelkannya pada kulit belakang telinga
  • Jika aman dan tak ada reaksi negatif, olekskan masker kentang pada wajah yang berjerawat lalu diamkan selama 10-15 menit saja
  • Kalau ada rasa gatal, segera bilas wajah menggunakan air hangat.

Meski dinilai memiliki manfaat bagi kulit, Gretchen Frieling tetap menegaskan bahwa lebih baik menggunakan produk perawatan yang mengandung salicylic acid atau benzoyl peroxide untuk menuntaskan masalah jerawat. Kedua kandungan tersebut dinilai lebih aman karena sudah terbukti secara klinis dan disetujui oleh para dokter kulit.

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER