SKINCARE

Nggak Perlu Khawatir Lagi dengan Matahari! Kini Ada Carasun Sunscreen yang Nyaman

Wednesday, 07/04/2021 17:05 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Nggak Perlu Khawatir Lagi dengan Matahari! Kini Ada Carasun Sunscreen yang Nyaman
Carasun

Girls, bukan rahasia lagi kalau negara tropis seperti Indonesia memiliki paparan sinar matahari yang tinggi sehingga kulit mudah menggelap. Selain menimbulkan masalah kulit yang gelap, paparan matahari pun seringkali membawa pengaruh lain seperti munculnya penuaan dini, masalah hiperpigmentasi, hingga penyakit serius seperti kanker lho! Untuk mencegah efek buruk dari sinar matahari, kita wajb menggunakan sunscreen dengan rutin setiap hari. Tapi permasalahannya, masih banyak orang yang menganggap kalau sunscreen kurang penting dan malas menggunakannya karena ada rasa lengket yang tak nyaman.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Carasun yang merupakan merk ahli perawatan kulit tropis, memperkenalkan produk sunscreen yang nyaman di kulit dan dibuat khusus untuk melindungi kulit orang-orang yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia dari paparan sinar UV.

Dr. Arini Astasari Widodo, SpKK menjelaskan, “Negara kita merupakan negara tropis yang sepanjang tahun terpapar sinar matahari sehingga perlindungan kulit terhadap efek buruk sinar matahari perlu menjadi perhatian. Terlebih lagi, negara tropis seperti Indonesia memiliki UV indeks yang sangat tinggi. UV indeks 6-15 memiliki risiko bahaya tinggi sampai risiko bahaya sangat ekstrim, sehingga harus menghindari paparan sinar matahari dengan UV indeks tersebut. Kulit orang Indonesia kebanyakan memiliki tipe kulit Fitzpatrick IV dan V yang jarang terbakar bila kena matahari, akan tetapi mudah menggelap dan berisiko terjadi beberapa jenis pigmentasi kulit.”

Indonesia adalah negara tropis di Asia Tenggara dengan indeks paparan sinar UV tertinggi dan disinari matahari selama 12 jam setiap harinya. Kondisi ini selain menguntungkan buat alam dan manusia, tapi juga memberikan dampak kurang baik terhadap kulit. Pemahaman akan pentingnya penggunaan sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari di Indonesia masih terbilang rendah dan kebanyakan masih beranggapan kalau kegunaannya hanya untuk melindungi kulit agar tidak terbakar dan menjadi gelap saat beraktifitas di luar ruangan. Padahal terpapar sinar matahari tidak hanya bisa terjadi saat berada di luar ruangan, tapi sinar UV yang dipancarkan oleh matahari bisa menembus ke dalam ruangan melalui kaca yang terdapat pada bangunan.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Carasun (@carasun.id)

 

Dr. Arini menambahkan, “Sinar matahari memiliki efek baik dan efek buruk, di satu sisi mengandung Vitamin D yang bagus bagi kulit serta merangsang hormon serotonin yaitu hormon yang bisa membuat mood menjadi lebih Bahagia. Di sisi yang lain, mengandung sinar UVA yang dapat berpenetrasi ke dalam kulit dan berdampak buruk terhadap kulit apabila tidak terlindungi, seperti keriput, penuaan dini, kusam, kulit menggelap, dan bintik hitam. Sebanyak 95% 1 UVA dapat menjangkau ke permukaan bumi. Sedangkan paparan sinar UVB dapat mencapai bagian kulit bagian atas dan mengakibatkan kulit terbakar dan memicu kanker kulit. Oleh karena itu, dianjurkan untuk melindungi kulit dengan menggunakan sunscreen secara rutin agar terhindar dari dampak buruk sinar UV dengan minimal kandungan 30 SPF dan perlindungan terhadap UVA yang cukup untuk perlindungan kulit yang maksimal.”

Terdapat beragam alasan penyebab orang Indonesia enggan menggunakan sunscreen, mulai dari tekstur-nya yang berminyak sehingga membuat kulit wajah jadi lebih mengkilat, makeup yang tidak menempel, lengket di kulit, menimbulkan white cast, khawatir kulit jadi bermasalah sampai dengan ketidakpercayaan karena produk yang ada dianggap belum sesuai dengan kebutuhan kulit orang yang tinggal di negara tropis.

Perlindungan tepat untuk kulit tropis, kini telah terpenuhi dengan hadirnya Carasun sebuah produk lokal yang mengerti kebutuhan untuk kulit tropis dengan menghadirkan produk sunscreen dengan CloudLike TM Formula yang ringan dan menjaga tampilan tetap segar hingga 8 jam. Selain memiliki fungsi sebagai sunscreen, Carasun juga mengandung Rice Extract & CityStemTM yang berfungsi untuk memelihara dan menghidrasi serta melindungi dari paparan polusi. Dengan SPF 45 yang efektif melindungi kulit dari paparan sinar UVB sebesar 97,8% dan PA++++ yang merupakan perlindungan tertinggi terhadap UVA, Carasun telah memenuhi standar untuk perlindungan kulit tropis dari sinar UVA dan UVB, serta terbuat dari bahan-bahan alami tropis, halal, bebas alkohol, non-comedogenic, tanpa bahan pewangi buatan serta lolos uji dermatologis yang membuatnya aman digunakan untuk kulit sensitif. Dengan formula yang dihasilkan tersebut, membuat Carasun terasa ringan saat digunakan, tidak menimbulkan whitecast, serta wajah tetap tampak segar sampai dengan 8 jam setelah pemakaian.

?

Carasun hadir dengan harga Rp 69.000,- di Sociolla Store dan sociolla.com. Untuk terus mengetahui berita terbaru dari Carasun dapat mengunjungi Instagram Carasun yaitu, @carasun.id ya girls!

 

Baca juga:

Jangan Keliru! Ini Bedanya Sunscreen dan Sunblock

Wajib Coba! Ini Dia 7 Sunscreen SPF 50 dengan Formula Ringan

Tidak Hanya Wajah & Badan, Ini Area yang Tidak Boleh Dilupakan Saat Memakai Sunscreen

Apakah Mineral Sunscreen Lebih Baik dari Chemical Sunscreen?

Kenalan dengan Jenis Sunscreen Berbentuk Powder Serta Plus Minusnya Yuk!

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER