SKINCARE

Niacinamide Dicampur dengan Vitamin C? Berbahaya atau Malah Efektif Merawat Kulit Ya?

Wednesday, 28/04/2021 14:02 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Niacinamide Dicampur dengan Vitamin C? Berbahaya atau Malah Efektif Merawat Kulit Ya?
artmod

Girls, pastinya kita sudah tahu kalau dunia skincare sangat luas dengan berbagai macam kandungan yang beragam. Setiap kandungan pun memiliki manfaat tersendiri yang selalu menarik untuk dicoba. Beberapa kandungan yang paling banyak diminati oleh para perempuan adalah Niacinamide dan Vitamin C nih girls. Keduanya memiliki segudang manfaat menarik untuk perawatan kulit hingga banyak orang berpikir untuk mencampurkan keduanya ketika pemakaian. Lantas apakah hal ini memberikan manfaat positif bagi kulit atau malah akan menimbulkan permasalahan? Yuk simak terus artikel ini untuk mengetahui jawabannya

Mengenal Manfaat Niacinamide dan Vitamin C

Sebelum mengetahui efek penggabungan kedua bahan aktif ini, ada baiknya kalau kita cari tahu lebih dalam mengenai manfaat Niacinamide dan Vitamin C girls.

Dilansir dari Byrdie.com, (28/04/2021) Niacinamide merupakan bentuk dari Vitamin B3 yang memiliki banyak banget manfaat untuk perawatan kulit.  Menurut dokter Kulit Emily Arch, MD, “Niacinamide dapat membantu kulit memproduksi ceramide yang dapat memperkuat skin barrier sekaligus mempertahankan hidrasi di dalam kulit. Selain itu, Niacinamide juga dapat meningkatkan produksi kolagen menyamarkan garis halus dan pori-pori, mengurangi produksi sebum, dan dapat membantu meratakan warna kulit.” ucapnya. Ternyata nggak hanya itu saja manfaatnya lho! Niacinamide juga  terbukti memiliki efek anti-inflamasi sehingga dapat mengatasi permasalahan jerawat dan sangat kaya akan antioksidan. Bisa dibilang, apapun permasalah kulitnya Niacinamide mungkin bisa menjadi kandungan yang membantu.

Manfaat Vitamin C pun nggak kalah menarik nih girls. Dokter Arch sering memuji kandungan ini karena sifat antioksidannya yang sangat kuat sehingga dapat menetralkan radikal bebas sebelum terjadinya kerusakan pada kulit. Dan seperti Niacinamide, Vitamin C juga dapat meningkatkan produksi kolagen, menyamarkan garis halus, kerutan dan bintik hitam pada wajah.

Jadi, Bisa Nggak Sih Menggunakan Keduanya Secara Bersamaan?

Jawaban singkatnya, bisa! Hanya saja tetap tergantung kondisi kulit masing-masing orang sehingga penting banget untuk mengujinya terlebih dahulu dengan patch test girls. Sebelumnya banyak yang menyatakan bahwa gabungan keduanya akan bereaksi negatif karena menghasilkan zat bernama nicotinic acid yang dapat menimbulkan kemerahan, rasa gatal dan iritasi. Akan tetapi, ternyata reaksi tersebut hanya terjadi dengan percampuran kandungan Asorbic Acid dan Niacinamide yang suhunya tinggi girls. Sementara biasanya kita hanya menyimpan skincare dalam suhu ruangan saja dan pada umumnya produk yang mengandung Niacinamide hanya menggunakan konsentrasi kecil sehingga tak memiliki efek buruk bagi kulit.

Sekarang kita mengetahui kalau menggabungkan keduanya tak menimbulkan permasalahan serius pada kulit, tapi pastinya kita pun bertanya-tanya apakah menggabungkan keduanya punya manfaat positif? Maka jawabannya iya girls! Menurut dokter Arch, “Mengingat banyaknya manfaat dari kedua bahan ini, keduanya merupakan kombinasi yang kuat," ucapnya.

Untuk menggunakan keduanya secara bersamaan kamu bisa langsung mencari satu produk yang mengandung Niacinamide dan Vitamin C didalamnya atau menggunakan kedua kandungan ini secara terpisah. Banyak ahli yang lebih menyarankan untuk mengaplikasikan Niacinamide dan Vitamin C dengan teknik layering karena sifat Vitamin C yang kurang stabil kalau dicampur dengan kandungan lainnya.

Selain itu, secara umum Vitamin C perlu digunakan pada pH rendah agar efektif, sementara niacinamide bekerja lebih baik pada pH yang lebih tinggi / netral.

Kalau ragu menggunakan keduanya dalam satu waktu secara bersamaan, pakailah Niacinamide dan Vitamin C secara selang-seling. Gunakan Vitamin C di pagi hari bersamaan dengan sunscreen dan Niacinamide untuk malam harinya. 

 

Baca jugaa:

Viral di TikTok, Intip Penjelasan dan Manfaat Sebenarnya Niacinamide dalam Produk Skincare

Apakah Vitamin C Dapat Dipakai Bersamaan Dengan Niacinamide?

Area Mata Menghitam Karena Begadang? Yuk Coba 5 Eye Cream dengan Kandungan Vitamin A & C Ini!

4 Vitamin Ini Sering Digunakan Dalam Kandungan Skincare. Apa Aja Sih Manfaatnya?

5 Kombinasi Bahan Aktif Terbaik Dalam Skincare yang Bisa Bikin Kulit Mulus dan Glowing

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER