SKINCARE

Tesktur Pelembap Gel Atau Cream? Mana yang Lebih Dibutuhkan Kulitmu?

Thursday, 15/07/2021 11:11 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Tesktur Pelembap Gel Atau Cream? Mana yang Lebih Dibutuhkan Kulitmu?
Instagram @apieu_cosmetics

Penggunaan moisturizer jadi hal penting yang harus dilakukan dalam rutinitas perawatan. Selain menambah hidrasi, fungsi moisturizer juga untuk mengunci dan melindungi lapisan terluar kulit. Hingga kini, pelembap memiliki 2 tekstur yang bisa dipilih, yakni cream dan gel. Tapi, kira-kira apa sih perbedaan diantara keduanya? Tekstur pelembap mana yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu? Yuk simak artikel terus artikel ini supaya kamu tak salah memilih moisturizer!

Tekstur Cream

Moisturizer dengan tekstur cream sudah ada sejak zaman dahulu kala lho! Dengan krim berwarna putih, konsistensinya memang terasa lebih berat dan kental di permukaan kulit. Konsistensi yang berat dan kental tersebut berasal dari kandungan minyak yang lebih tinggi dari air. Tekstur cream pada pelembap biasanya bekerja dengan tipe emmolient, yakni mengisi sela-sela kulit yang kosong sekaligus memberikan lapisan tambahan di kulit terluar untuk mengunci kelembapan secara optimal.

Karena memberikan lapisan tambahan, cream moisturizer punya formula yang cenderung tak mudah menyerap supaya kelembapan di kulit tak mudah hilang girls. Maka dari itu moisturizer dengan tekstur cream lebih cocok digunakan pemilik kulit yang kering atau sensitif.

Penggunaan moisturizer dengan tekstur cream akan memberikan hasil kulit yang terasa lebih halus, kenyal dan elastis. Tampilan kulit kering atau bersisik pun dapat segera hilang ketika kamu mengaplikasikan cream moisturizer girls.

Gel Moisturizer

Gel moisturizer jadi tekstur pelembap yang hits banget belakangan ini. Sesuai dengan namanya, gel moisturizer punya tekstur layaknya gel yang bening. Berbeda dari cream moisturizer yang teksturnya thick dan kental, gel moisturizer memiliki kesan lebih ringan nih girls. Formula ringannya disebabkan oleh kandungan air yang lebih tinggi dari minyak, sehingga bersifat watery. Tekstur gel moisturizer bekerja dengan cara Humektan, yakni menarik air dari lingkungan sekitar supaya kulit tak dehidrasi atau ‘kehausan.’  

Dengan sifat dan cara kerjanya, gel moisturizer lebih cocok digunakan pemilik kulit berminyak girls. Ketika diaplikasikan, gel moisturizer akan langsung meresap di permukaan kulit sehingga tak meninggalkan rasa lengket atau bikin kulit makin berminyak. Formulanya yang langsung meresap pun membuat gel moisturizer tak menyumbat pori. Beberapa jenis gel moisturizer juga memiliki klaim soothing dan cooling sehingga bikin kulit berminyak terasa lebih segar.

 

Baca juga:

Ini 6 Kelebihan yang Dimiliki Oleh Moisturizer Berbentuk Gel yang Tidak Dimiliki Moisturizer Lain

7 Rekomendasi Moisturizer Anti Lengket Buat Kamu yang Kulitnya Super Berminyak

Ringan dan Nggak Bikin Greasy, Ini 7 Rekomendasi Moisturizer dengan Tekstur Gel Untuk Oily Skin

Jangan Sampai Lakukan 7 Kesalahan Berikut Saat Melembapkan Kulitmu Pakai Moisturizer

Sering Hadir Dalam Moisturizer, Ini 5 Manfaat Glycerin Untuk Kecantikan Kulit

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER