SKINCARE

Apakah Eksfoliasi Memperparah Jerawat? Simak Penjelasannya Disini Yuk!

Friday, 04/02/2022 14:02 WIB by Niken Pangesti , Facetofeet
Apakah Eksfoliasi Memperparah Jerawat? Simak Penjelasannya Disini Yuk!
pinterest.com

Girls, eksfoliasi memang menjadi tahapan perawatan yang penting banget bagi kesehatan kulit. Eksfoliasi sendiri adalah proses untuk membantu membesihkan sel kulit mati dan kotoran yang terjebak di pori-pori. Karena proses itulah, eksfoliasi membawa banyak manfaat seperti mampu mencegah komedo dan jerawat, mengeringkan jerawat, membantu meratakan warna kulit dan sebagainya.

Tapi banyak perdebatan mengenai eksfoliasi ketika ada jerawat aktif nih girls. Banyak yang merasa ragu, karena khawatir hal tersebut akan memperparah kondisi jerawat atau bahkan menyebabkan breakout. Wah benar nggak ya?

Instagram @somebymi

Dilansir dari akun Instagram @careskinmedia, pernyataan tersebut adalah mitos girls. Faktanya kalau dilakukan secara tepat, eksfoliasi justru bisa membantu menyembuhkan jerawat yang sedang aktif atau meradang lho! Nah cara yang tepat adalah dengan menerapkan chemical exfoliant, yang mengandung salicylic acid atau BHA karena kandungan ini punya manfaat untuk membantu mengeringkan jerawat, membersihkan kotoran yang tersumbat di pori, serta mengontrol minyak berlebih girls.

Sebaliknya, physical exfoliant yang biasanya menggunakan scrub justru tidak dianjurkan untuk dilakukan ketika ada jerawat aktif. Hal tersebut dapat memperparah kondisi jerawat, meningkatkan risiko iritasi kulit, dan menimbulkan breakout.

Selain itu, ada juga pemikiran kalau sedang jerawatan kulit kita lebih membutuhkan skincare yang sifatnya calming saja, bukan yang sifatnya abrasif seperti eksfoliasi. Hal ini tak sepenuhnya benar ya girls! Lebih baik untuk mengkombinasikan keduanya. Skincare calming akan membantu meredakan peradangan dan kemerahan. Sementara chemical exfoliant dapat membantu mengeringkan jerawat dan membersihkan kotoran yang menyumbat pori. Ohiya, chemical exfoliant juga tidak bersifat ‘abrasif’ atau merusak kulit ya, yang penting untk mengaplikasikannya secukupnya dan tidak berlebihan.

Konsentrasi kandungan chemical exfoliant yang paling tepat adalah berkisar di antara 0.5%-2% pada BHA, dan 4%-10% untuk AHA. Kedua kandungan chemical exfoliant ini bermanfaat untuk menghancurkan dan membersihkan komedo, mengelupas sel kulit mati yang menumpuk, dan mengontrol minyak berlebih. Begitu girls, penjelasan mengenai eksfoliasi ketika jerawatan, jadi semakin tahu kan bagaimana cara treatment jerawat yang tepat?

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Careskin | Beauty & Skincare (@careskinmedia)

 

Baca juga:

Wajib Tahu! Ini 5 Tips Simple Merawat Jerawat Biar Nggak Berbekas

Wajib Tahu Girls! 8 Kandungan Skincare Ini Bermanfaat Untuk Merawat Jerawat

Jenis-Jenis Jerawat yang Dapat Mengganggu Penampilan Kamu

Bagaimana Cara Membedakan Bintik Gelap & Bekas Jerawat?

Punya Bekas Jerawat yang Mengganggu Penampilan? Begini Cara Mengatasi Menurut Jenisnya

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER