SKINCARE

Perhatikan Kandungan Alkohol dalam Produk Perawatan Kecantikanmu

Wednesday, 24/01/2018 13:01 WIB by Marisha A, Facetofeet
Perhatikan Kandungan Alkohol dalam Produk Perawatan Kecantikanmu
howtousevinevera.com

Bagi kamu yang memiliki kulit kering atau sensitif, mungkin dokter kulit atau website yang kamu percaya menyarankan untuk menggunakan perawatan kulit yang tidak mengandung alkohol untuk mencegah kemerakan dan flek hitam.

Dikutip dari YouBeauty, dari 20 produk perawatan kulit, setidaknya ada 12 produk yang mengandung alkohol. Alkohol sangat berguna sebagai bahan dasar perawatan kulit. Jika kamu memiliki kulit kering, berikut ini sedikit pelajaran kimia yang perlu kamu ketahui.

Alkohol tidaklah kuat seperti martini. Alkohol merupakan istilah yang luas untuk kelompok kimia dengan bagian umum yang terdapat di dalam struktur kimianya. Bagian umum ini seperti bola dan sisanya adalah rantai. Bola itu akan selalu terlihat sama, sedangkan rantai bisa pendek atau panjang, tunggal atau bercabang, dan rantai inilah yang menentukan bagaimana alkohol terlihat dan bertindak pada kulitmu.

Ethanol adalah Alkohol yang Bisa Menyebabkan Kulit Kering

Berbicara mengenai alkohol secara umum, biasanya kita juga membahas mengenai ethanol. Ethanol juga terkandung di dalam bir, wine, dan spiritus, tetapi rasanya lebih pahit sehingga tidak ada orang yang berani meminumnya. Dan satu hal lagi, sebaiknya jangan gunakan ethanol sebagai toner.

Ethanol memiliki rantai yang simpel dan cairan tipis yang menguap lebih cepat dari air. Ahli kosmetik kimia menggunakannya dalam produk perawatan kulit untuk mempercepat kerja dan menyatukan bahan dasar minyak (parfum, salicylic acid) ke air. Karena ethanol menguap dengan cepat, ethanol bisa melarutkan permukaan kulit yang berminyak, dan menghilangkannya sehingga kulitmu terasa lebih kering. Hal ini bisa mengiritasi kulit sensitif. Hal inilah yang menjadi alasan para ahli kulit untuk menghindarinya.

Ethanol yang terdapat dalam kemasan biasanya tertulis dalam: Alcohol Denat., SD Alcohol 3-A, SD Alcohol 30, SD Alcohol 39, SD Alcohol 39-B, SD Alcohol 39-C, SD Alcohol 40, SD Alcohol 40-B, SD Alcohol 40-C atau alkohol bening.

Banyak Alkohol Tidak Menyebabkan Kulit Kering

Alkohol biasa yang banyak ditemukan pada label kemasanbiasanya diganti menjadi alkohol ‘berlemak’. Mereka berlawanan dengan ethanol dengan rantai lebih panjang dan biasanya berlilin.Alkohol jenis ini biasa digunakan dalam produk perawatan kulit untuk meningkatkan stabilitas, mengatur kelembaban kulit, atau ditambahkan sebagai moisturizer untuk krim tubuh dan lotion.

Alkohol jenis ini biasanya dapat ditemukan dalam label kemasan bernama: cetyl alcohol, cetearyl alcohol, stearyl alcohol, behenyl alcohol, arachidyl alcohol, dan myristyl alcohol.

 

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER