SKINCARE

Ini Saran dari Dokter Kulit Buat Kamu yang Suka Gatal Ingin Memencet Jerawat

Monday, 27/03/2017 18:06 WIB by Marisha A, Facetofeet
Ini Saran dari Dokter Kulit Buat Kamu yang Suka Gatal Ingin Memencet Jerawat
Soompi

Saat jerawat tampak sangat merah dan besar, tangan kita rasanya pasti sangat gatal ingin memencetnya agar segera hilang dari wajah. Berdasarkan saran dari beberapa dokter kulit, ternyata ada cara untuk melenyapkan jerawatmu.

Saran terbaik untuk melenyapkan jerawatmu adalah dengan tidak memencetnya. Semua dokter kulit yang kamu temui pasti sepakat menyarankan agar kamu tidak memencet jerawatmu sekalipun.

"Memencet jerawat hanya akan membuat jerawat meradang, membuatnya semakin bertahan lama di wajah, serta menimbulkan bekas hitam," ujar Dr Tsippora Shainhouse MD, FAAD seperti yang dilansir dari website She Finds.

Pada dasarnya jerawat merupakan kantung yang berada di bawah permukaan kulit yang berisi minyak alamiah, sel kulit mati, bakteri, dan sel darah putih. Terkadang kantung tersebut terbuka ke permukaan kulit yang disebut pori-pori.

Dan ketika kantung tersebut membengkak menjadi benjolan merah dengan mata berwarna kuning, rasanya tangan kita siap untuk memencetnya. Hal ini bisa membuat jerawatmu terlihat lebih buruk, lebih merah dari sebelumnya, dan bahkan menghitam.

Saat kamu memaksa memencetnya, isi di dalamnya akan keluar dan terkadang jatuh ke bagian kulit lainnya. Ini dapat menyebabkan munculnya jerawat baru karena isi jerawat tersebut akan bercampur dengan bakteri dan minyak yang ada di wajah.

Untuk itu, sebaiknya hindari memencet jerawat bagaimana pun kondisi jerawatmu saat itu. Bersihkan wajahmu secara rutin setiap pagi dan malam hari untuk mencegah munculnya jerawat lain. Gunakan obat jerawat yang mengandung salycilyc acid untuk mengurangi peradangan. Dan juga jangan lupa untuk selalu bersihkan tanganmu setiap kali kamu ingin mengoleskan obat jerawat.

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER