SKINCARE

Yuk Cuci Muka Pakai Madu! Dapatkan Beragam Khasiatnya

Wednesday, 01/04/2015 12:12 WIB by Kennissa, Facetofeet
Yuk Cuci Muka Pakai Madu! Dapatkan Beragam Khasiatnya
iran-daily.com

Untuk kamu yang memiliki masalah dengan kulit wajah, seperti berminyak, berjerawat, kering dan kasar, atau bahkan berkomedo, pernah mencoba untuk beralih ke perawatan wajah alami, tidak? Jika belum, ini saat yang tepat untuk mencoba, karena facial wash yang biasa kamu beli di supermarket atau bahkan yang diresepkan dokter belum tentu yang terbaik bagimu. Pencuci wajah tersebut masih mengandung bahan kimia yang bisa membuat wajah iritasi, kering, dan segudang efek samping lainnya. Nah lho!

Dalam memilih bahan alami, tentunya ada banyak resep natural di luar sana yang memiliki manfaat dan khasiat untuk kulit. Meskipun begitu, madu adalah salah satu zat alami yang dipercaya paling mampu menyelesaikan segala jenis masalah kulit. Berikut adalah manfaat madu yang bisa kamu dapatkan untuk wajah:

  • Membersihkan debu dan kotoran dengna lembut tanpa menghilangkan minyak alami wajah. Tahukah kamu facial wash yang biasa kamu dapatkan untuk wajah berminyak itu sesungguhnya menghilangkan minyak wajah, sehingga merangsang wajah untuk memproduksi lebih banyak minyak untuk menggantikan minyak yang hilang?
  • Kandungan anti-bakteri dan probiotik di dalam madu mentah (raw honey) secara efektif bisa menyembuhkan jerawat dan mencegah timbulnya jerawat baru.
  • Karena bentuknya yang lembut, madu mentah sangat ideal untuk kulit sensitif atau kulit yang memiliki bekas luka.
  • Madu bisa digunakan untuk segala jenis kulit; baik itu kulit kering, normal, atau berminyak. Untuk kulit berminyak, madu bisa menyerap minyak berlebih, sedangkan untuk kulit kering, madu bisa membantu melembabkan kulit.
  • Harga madu juga jauh lebih murah dari facial wash yang biasa kamu beli di super market, atau bahkan yang kamu dapatkan dari resep dokter.

Cara membersihkan wajah dengan madu:

Pertama, kamu harus tahu bahwa madu bukan makeup remover. Jadi, jika kamu ingin membersihkan wajah dengan madu, wajahmu harus bersih tanpa makeup dahulu. Sebagai tambahan, kamu bisa menggunakan campuran castor oil dan extra virgin oilve oil sebagai makeup remover alami sebelum menggunakan madu.

Kedua, kamu harus pastikan bahwa madu yang kamu miliki itu madu mentah atau raw honey. Raw honey berbeda dengan natural honey. Jika membeli di super market, pastikan kamu memilih madu yang berlabel "raw". Ini karena madu mentah benar-benar masih murni dan belum diproses, sehingga kandungannya masih sempurna. Atau, kamu juga bisa menggunakan madu manuka yang memiliki zat anti-bakteri tinggi.

Setelah itu, siapkan setengah sendok teh madu di atas telapak tanganmu. Campurkan dengan beberapa tetes air bila perlu untuk membuatnya lebih mudah diusapkan ke wajah. Setelah itu, usapkan ke wajahmu. Pijat-pijat lembut wajahmu dan biarkan selama kurang lebih 10 menit untuk mendapatkan hasil terbaik. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan tepuk-tepuk wajahmu dengan handuk sampai kering.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, gunakan toner setelahnya. Kamu bisa buat toner alami sendiri lho. Caranya, campurkan dua sendok teh cuka apel mentah (raw apple cider vinegar) dengan lidah buaya (potong-potong, dan ambil gel di dalamnya). Atau, kamu bisa mengganti lidah buaya dengan setengah cangkir air. Setelah dicampur, tepuk-tepukkan ke wajah.

Nah, mudah bukan? Lakukan ini secara rutin dan lihat hasilnya dalam sebulan. Kulit wajahmu akan tampak bersih dan mulus tanpa ada jerawat yang mengganggu.

Selamat mecoba!

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER