SKINCARE

Jangan Khawatir, Penyakit Psoriasis Masih Bisa Diobati

Monday, 12/06/2017 16:04 WIB by Marisha A, Facetofeet
Jangan Khawatir, Penyakit Psoriasis Masih Bisa Diobati
FacetoFeet

Salah satu penyakit kulit yang paling ditakuti oleh banyak orang adalah psoriasis. Penyakit kulit ini terjadi disebabkan karena autoimun, yaitu sebuah keasaan di mana kondisi kekebalan tubuh seseorang menyerang sel yang sehat.

Umumnya, psioriasis ditandai dengan bercak merah meradang di kulit, penebalan kulit disertai rasa gatal dan perih yang lama kelamaan membuat kulit seperti bersisik.

Psoriasis merupakan penyakit kulit yang tidak dapat disembuhkan karena penyakit ini bersifat genetik alias turunan. Meskipun tidak dapat disembuhkan, bukan berarti seseorang yang terkena psoriasis harus hidup selamanya dengan kulit bersisik. Pasien psioriasis bisa ditangani dengan cara meminimalisir gejalanya.

"Sebanyak tiga persen populasi penduduk dunia mengidap psoriasis. Mungkin tampak kecil, namun angkanya mencapai 7,3 milyar jiwa," ujar President Asian Academy of Dermatology and Venerology dan Presiden Persatuan Dokter Spesialis Kulit Indonesia (PERDOSKI) serta pemilik ESHA Klinin Dr Syarief Hidayat, SpKK di Hotel Raffles, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu lalu.

Psoriasis bukanlah penyakit menular, tetapi bisa menyerang siapa saja. Meskipun sebagian besar psoriasis disebabkan oleh sistem imun atau faktor genetik, tetapi faktor dari luar seperti infeksi, luka, HIV, stress, berat badan, merokok, alkohol, dan perubahan hormon juga bisa menjadi penyebab terjadinya psoriasis.

Indadari Mindrayanti, hijabers yang juga dikenal sebagai istri pelawak Caisar Aditya ini menderita psoriasis sejak delapan tahun lalu. "Awalnya muncul hanya di kulit kepala, tapi saat aku hamil lama kelamaan menyebar sampai sekujur tubuh," ujar Indadari yang selalu terlihat mengenakan cadar.

Berbagai pengobatan mulai dari tindakan medis hingga pengobatan secara holistik sudah dilakukan Indadari, tetapi tidak memberikan hasil yang signifikan. Beruntung, Avene Indonesia memberikan kesempatan Indadari untuk berobat ke Avene Hydration Centre yang berlokasi di Avene, Perancis.

Selama tiga minggu, Indadari mendapatkan pengobatan secara intensif di pusat pengobatan yang menggunakan spring water yang berasal dari mata air Saint Odile di kaki pegunungan Cavennes yang telah terbukti memiliki khasiat yang sangat baik bagi kulit karena mengandung mineral yang tinggi selama lebih dari 50 tahun.

"Di akhir pengobatan, dokter memberikan apresiasi untuk saya karena sejauh ini sayalah pasien dengan tingkat penyembuhan tertinggi yakni sebanyak 83 persen," tutur Indadari. Hijabers yang identik dengan busana motif polkadot itu pun mengaku kulitnya jauh lebih baik dan pada bagian kepala sudah hilang sama sekali.

Dengan tingkat kesembuhan mencapai 83 persen, Indadari hanya perlu melakukan kontrol secara teratur serta menggunakan produk Avene seperti Cicalfate dan XeraCalm.

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER