SKINCARE

Bagaimana Cara Membedakan Bintik Gelap & Bekas Jerawat?

Friday, 25/05/2018 17:05 WIB by Sekar Savitri, Facetofeet
Bagaimana Cara Membedakan Bintik Gelap & Bekas Jerawat?
Darkspot

Girls, setelah jerawat-jerawat itu menghilang, belum tentu permasalahannya selesai sampai di situ. Terkadang, semakin besar jerawatmu, semakin lama bekasnya tertinggal di wajahmu. Tapi, bintik di wajahmu itu, apakah bekas luka jerawat atau bintik gelap karena hyperpigmentation? Ini dia nih bedanya!

Bintik gelap. Ini seringkali membingungkan orang-orang dengan masalah jerawat. Terkadang, apa yang kita kira bekas jerawat yang dalam adalah bintik gelap di permukaan kulit yang dapat sembuh seiring waktu.

Bekas berwarna cokelat gelap atau muda di kulitmu adalah bekas Post-Inflammatory Hyperpigmentation (PIH) yang tersisa dari munculnya jerawat ringan hingga menengah. PIH dapat menghasilkan melanin epidermal yang muncul seiring tubuhmu sembuh dan dapat memudar seiring waktu. Mereka bukanlah bekas luka. Jadi, kamu beruntung kalau ini adalah yang kamu miliki. Kamu bisa mengambil langkah untuk mempercepat proses penyembuhan dan mendapatkan kembali kulit bersih dan halus.

Sedangkan bekas luka jerawat biasanya berada lebih dalam dan merupakan hasil kerusakan yang merobek struktur pelindung kulit lapisan dalam – lapisan yang berada di bawah permukaan kulitmu.

Ternyata, kita seharusnya mendengarkan ibu kita untuk tidak memencet jerawat – hal itu dapat melukai kulit dan mengubah jerawat ringan menjadi bekas luka permanen. Jerawat moderat hingga berat dapat merusak kolagen dan elastin di lapisan kulit yang lebih dalam. Hal ini menghasilkan bekas luka yang membutuhkan perawatan khusus dari dermatologis.

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER