SKINCARE

Tanaman Hias Ini Ternyata Sedang Jadi Tren sebagai Bahan Dasar Produk Kecantikan

Monday, 28/05/2018 15:03 WIB by Marisha A, Facetofeet
Tanaman Hias Ini Ternyata Sedang Jadi Tren sebagai Bahan Dasar Produk Kecantikan
Naver X Dispatch

Tak hanya mode maupun makeup, skincare juga punya trennya sendiri. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, semakin berkembang pula skincare dengan berbagai macam fungsi yang didapatkan dari penggunaan bahan-bahan dasarnya.

Mungkin sudah banyak dari kita yang mengenal hyaluronic acid atau vitamin C. Kedua bahan itu dipercaya sebagai bahan utama untuk membuat produk skincare yang bekerja melembapkan sekaligus mencerahkan kulit. Namun ada satu lagi bahan dasar skincare yang saat ini populer yaitu centella asiatica atau di Indonesia dikenal sebagai tanaman pegagan.

Centella asiatica atau pegagan

Centella asiatica merupakan tumbuhan yang kaya akan antioksidan. Karena memiliki fungsi sebagai anti-peradangan, centella asiatica bermanfaat untuk mengatasi kekeringan, gatal, ruam merah, hingga kulit sensitif.

Seperti yang dilansir dari Pop Bee, para ahli meyakini bahwa centella asiatica membantu mikrosirkulasi pada kulit, memberikan lebih banyak nutrisi, vitamin, mineral, dan oksigen ke dalam kulit. Bahkan tanaman ini juga membantu menstimulasi sel metabolisme dan meningkatkan daya tahan kulit sehingga kulit awet muda.

Centella asiatica sebenarnya bukanlah penemuan baru. Faktanya, tanaman ini sudah sering digunakan sejak zaman dulu sebagai pengobatan tradisional orang Indian. Namun, untuk perawatan kulit modern, centella asiatica baru mulai populer digunakan sejak beberapa tahun ini.

Produk berbahan dasar centella asiatica

Sumber: The Klog

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 lalu, centella asiatica ternyata bekerja efektif meningkatkan tingkat kelembapan kulit dan mengurangi kekurangan air dalam kulit. Centella asiatica juga meningkatkan produksi kolagen dan juga membuat kulit lebih cerah.

Saat ini sudah banyak brand kecantikan, terutama asal Korea Selatan yang menggunakan centella asiatica sebagai bahan dasar produknya, sebut saja COSRX, Klairs, Neogen, Dr.G, dan masih banyak lagi.

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER