SKINCARE

Apa yang Harus Dilakukan Jika Kulit Iritasi atau Kemerahan? Serta Bagaimana Menanganinya?

Tuesday, 15/01/2019 15:03 WIB by nerissa arfiana, Facetofeet
Apa yang Harus Dilakukan Jika Kulit Iritasi atau Kemerahan? Serta Bagaimana Menanganinya?
pinterest

Apakah kamu sering mengalami kemerahan atau inflamasi kulit? Penyebab dari hal ini bisa sangat banyak girls. Bisa karena kamu memiliki kulit yang sensitif, iritasi terhadap produk baru atau kareana cuaca yang ekstrim seperti musim dingin atau panas.

Hal pertama yang harus kamu lakukan akan hal ini adalah, menjaga gaya hidup kamu menjadi lebih sehat, seperti menjaga pola makan, diet, pola tidur dan berolahraga.

Annie Chiu, dermatologis asal California menjelaskan banyak hal tentang iritasi dan kemerahan yang mungkin kamu alami dan solusinya melalui situs The Klog.

Acne : Jika timbul kemerahan karena jerawat, Chiu menyarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dermatologis untuk melihat jenis jerawat yang kamu miliki untuk mengetahui solusi yang terbaik.

Ruam Kemerahan (Dermatitis) : Biasanya iritasi ini terjadi secara temporary atau sementara yang diakibatkan oleh produk skincare atau makeup baru yang tidak bisa diterima kulit. Kalau kamu memiliki tipe kulit yang sensitif, kamu bisa mencoba produk baru tersebut di area tertentu dan cek apakah produk tersebut bisa diterima atau tidak sebelum kamu menggunakannya secara keseluruhan. Jika iritasi tidak terlalu parah, Dr Chiu juga menyarankan untuk menggunakan krim hydrocortisone  dan apply dengan air dingin di area yang kemerahan.

Eczema : Untuk Eczema sendiri, mungkin kamu membutuhkan dermatologis untuk mengidentifikasinya. Eczema ringan bisa sembuhkan dengan merubah gaya hidup kamu, sedangkan Eczema berat kamu membutuhkan resep dari dokter yang tepat. Sementara itu, hindari penggunaan sabun yang bisa membuat kulit kamu semakin kering dan juga jangan menggunakan air panas/hangat ketika mandi.

Over Exfoliation : Jangan pernah melakukan exfoliasi setiap hari. Dr Chiu juga menyarankan jangan menggunakan banyak produk exfoliator, sebaiknya gunakan satu atau dua produk yang paling cocok dengan kamu.

Rosacea : rosacea adalah penyakit jangka panjang dengan jangka waktu tertentu yang terkadang muncul lalu hilang dan muncul kembali. Untuk ini juga penyakit ini sulit untuk disembuhkan, namun bisa dikurangi gejalanya dengan krim dan serum, jelas Chiu. Kamu juga bisa menggunakan cleanser dan moisturizer untuk menghidrasi meng-calm-ing kulit kamu, jelas Joshua Zeichner direktor dermatologi klinik dan kosmetik di New York City. Ia juga menyarankan untuk menggunakan produk dengan bahan yang mengandung hyaluronic acid untuk membantu menghidrasi kulit dan membantu melapisi kulit luar kamu.

Lalu Kandungan Apa yang Paling Baik untuk Kulit yang Kemerahan?

Hyaluronic acid adalah bahan yang paling mampu menghidrasi kulit dengan baik, sehingga bisa melembabkan dan meng-calm-ing kulit kamu dengan baik dan cepat.

Ceramides adalah natural oil yang dibutuhkan kulit untuk membuat kulit tetap terlihat sehat, dan lembab. Kandungan ini juga menjaga pertahanan kulit yang penting, agar tidak mudah terjadi inflamasi atau kemerahan.

Kandungan lainnya yang disarankan yaitu, Snail Secretion Cream, serum dengan ekstrak snail mucin, licorice root, dan niacinamide,

Kesimpulannya adalah, cari kandungan yang memiliki efek menenagkan yang bisa melembabkan dan membantu mempertahankan kulit tetap sehat.

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER