SKINCARE

Mengapa Bahan dengan Kandungan Healing serta Soothing pada Skincare Semakin Populer Sekarang Ini?

Wednesday, 13/02/2019 14:02 WIB by nerissa arfiana, Facetofeet
Mengapa Bahan dengan Kandungan Healing serta Soothing pada Skincare Semakin Populer Sekarang Ini?
Allure

Apakah kamu termasuk skinacare antusias yang sedang mencari tahu beragam produk dengan kandungan yang menenangkan ini juga girls? Yes! Memang akhir-akhir produk dengan kata soothing dan healing memang sedang populer dan banyak dicari oleh banyak perempuan. Termasuk yang sangat populer akhir-akhir ini adalah Centela Asiatica.

Centella Asiatica, atau dikenal sebagai cica, adalah kandungan skincare paling populer di tahun 2018  hingga awal 2019  ini. Bahkan kata kunci mengenai bahan ini meningkat 800 persen dari tahun 2016 dilansir dari situs The Klog.

Selain itu kata kunci mengenai sinar UV, panas matahari, deretan skincare hingga list bahan lain yang berfungsi sebagai soothing dan healing efek, termasuk lidah buaya, menjadi semakin popuer belakangan ini. Bahkan bahan kuno yang sebelumnya hanya digunakan untuk mengobati sengatan matahari, juga menjadi pencarian teratas pada tahun 2018 serta formula baru di berbagai kategori  skincare termasuk toner, essence dan sheet mask.

Meningkatnya preferensi produk dan bahan-bahan dengan mengutamakan fungsi yang menenangkan berjalan seiring dengan meningkatnya orang yang mengategorikan kulit mereka sebagai kulit yang sensitif.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang soothing product, yuk ketahui terlebih dahulu mengenai sebenarnya dari kulit sensitif!

Nah, sebenarnya ada perbedaan antara sensitive skin and sensitized skin, walau terkadang sama-sama memiliki sebutan ‘sensitive skin’ tapi ada perbedaan loh diantara keduanya. Dilansir dari situs The Klog, Pakar Kulit Soko Glam Daniela Bucay menjelaskan dalam sebuah artikel mendalam tentang masalah ini awal tahun 2019 ini. Hal ini cukup membingungkan dan informasi tentang kulit sensitif menyebar dengan cepat. Singkatnya lebih mudah untuk menganggap sensitive skin sebagai kulit yang selalu reaktif, dan sensitized skin sebagai kondisi kulit sementara.

Dia melanjutkan, "Orang dengan jenis kulit reaktif atau sensitive skin cenderung bereaksi terhadap perawatan kulit, perubahan cuaca, perubahan tidur, perubahan hormon, pewangi buatan, dan bahan-bahan keras lainnya jauh lebih mudah daripada yang lain”

Hal ini berbeda dengan mereka yang mungkin mengalami insiden iritasi karena reaksi terhadap alergen kosmetik atau penggunaan berlebihan bahan keras seperti retinol atau yang disebut sensitized skin.

Walau begitu, produk dengan kandungan menenangkan atau soothing memang sedang meningkat pesat, hal ini berbanding lurus dengan banyaknya gejala pengelupasan kimia sebagai penyebab pemakaian retinol, serta vitamin C yang juga saat ini sedang hype.

Ini dikarenakan banyak dari kita membeli retinol atau AHA yang dijual bebas dan tidak menggunakannya dengan benar. Produk-produk ini akan membuat kulit menjadi lebih sensitif dan tidak boleh digunakan secara asal, termasuk jika digunakan berbarengan dengan produk perawatan kulit lainnya, hal ini dianjurkan demi keamanan dan tingkat efektif kandungannya sendiri, kata Alain Michon, MD, Direktur medis di Ottawa Skin Clinic.

sumber :BTY ALY

Selain cica dan lidah buaya. Bahan perawatan kulit apa lagi yang memiliki efek menenangkan yang harus harus kamu ketahui?

Salah satunya adalah madecassoside, yang merupakan turunan dari centella asiatica. Selain sifat anti-inflamasi, zat ini memiliki antioksidan dan meningkatkan sintesis kolagen sehingga dapat membantu melindungi dan menyembuhkan kerusakan kulit. Itu juga telah ditemukan bekerja dengan baik sebagai pendamping vitamin C, yang dapat mengiritasi konsentrasi tinggi bagi sebagian orang.

Kandungan lainnya adalah panthenol, juga dikenal sebagai vitamin B5. Ini adalah humektan yang sering ditemukan dalam pelembab dan juga digunakan untuk mengobati kondisi kulit sensitif seperti eksim dan dermatitis.

Tidak ada salahnya juga untuk berkonsultasi dengan dokter kulit sebelum memasukkan suatu bahan atau produk ke dalam rutinitas perawatan kulit kamu agar lebih aman. Namun, perlu kamu pahami juga jika menggunakan AHA atau retinol dengan benar, memang terdapat kemungkinan iritasi ringan dan dehidrasi. Karena bahan-bahan ini memiliki kemungkinan merangsang kulit untuk jadi lebih sensitif, kata Benjamin Knight Fuchs, ahli kimia perawatan kulit dan pendiri Truth Skin Health. Namun kembali lagi jika menggunakan bahan-bahan yang menenangkan dan menyembuhkan memang dapat membantu meringankan iritasi yang ditimbulkan, sekaligus merawat kulit. Efek lainnya adalah kandungan pada AHA, Retinol dan kandungan lainnya dapat mengurangi timbulnya garis-garis halus, kulit lebih lembut, dan skin tone yang lebih merata girls!

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
REVIEW
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER