FASHION

Alasan Mengapa Kita Perlu Beralih ke Sustainable Fashion

Wednesday, 09/10/2019 14:02 WIB by Febri, Facetofeet
Alasan Mengapa Kita Perlu Beralih ke Sustainable Fashion
googlesearch

Mungkin kalian sudah sering mendengar kata fast fashion, bahkan kalian pasti sering berbelanja di brand berkategori fast fashion. Namun apakah kalian sudah tahu tentang Sustainable Fashion atau Ethical Fashion? Sebagian dari kalian pasti belum tahu arti dua kata tersebut kan.

Sebelum membahas tentang sustainable fashion, sebelumnya kalian harus mengerti apa perbedaan dari fast fashion dan sustainable fashion. Fast fashion adalah suatu fenomena dimana orang orang berperilaku konsumtif terutama mengenai pakaian dan barang-barang fashion lainnya. Dinamakan fast fashion karena fenomena ini mengikuti alur tren mode yang mengharuskan brand fashion untuk mengubah dan memproduksi koleksi pakaiannya secara cepat.

(source: businessleader)

Belakang fast fashion ini menjadi perbincangan karena dampak negatif yang terjadi diseluruh dunia. Terutama sejak kejadian runtuhnya Rana Plaza pada tahun 2013 di Bangladesh.Tempat para buruh pabrik yang membuat pakaian untuk brand fast fashion bekerja tersebut runtuh karna sangat tidak layak untuk ditempati, selain itu para buruh di upah sangat minim. Hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa kita harus menerapkan sustainable fashion.

(source: shopify)

Selain itu gagasan sustainable fashion lahir akibat menumpuknya sampah hasil dari industri fast fashion di seluruh dunia. Akibat dari limbah tersebut, industri fashion dinilai menjadi urutan nomor 2 dalam menyumbang limbah terbanyak di dunia. 

(source: Stella McCartney)

Lalu apa itu Sustainable fashion? Kenapa Sustainable fashion dapat mengganti Fast fashion?

Sustainable fashion adalah fenomena yang sangat berlawanan dengan fast fashion. Fenomena ini diharapkan dapat mengubah perilaku konsumen dan menjadikan industri fashion lebih manusiawi dan ramah lingkungan. Jadi bisa dikatakan Sustainable fashion adalah jenis mode yang lebih eco-friendly.

(source: the mbs)

Bagaimana cara kita beralih ke Sustainable fashion?
Untuk menjadi pecinta fashion yang tetap ramah lingkungan, kalian bisa memilih pakaian dengan bahan yang berasal dari fiber alami dan organik, seperti Katun, Linen, Wol, Sutra dan Bambu. Material dari alam tersebut lebih mudah terurai oleh lingkungan sehingga tidak menjadi limbah yang merugikan manusia. Selain itu kalian juga bisa mencoba metode thrift shop yang sedang menjadi tren. Selain kalian bisa mendapatkan harga yang lebih murah kalian juga bisa ikut berkontribusi menjaga lingkungan.

 

 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Recycling forever. ???? ... And not just because it's a saying that fits well in social media, but because it is actually true. Recycling is a huge part of our DNA. Back in 1939, during the Second World War, all imports of rubber stopped. At Tretorn, we started a nation-wide rubber collection in Sweden and encouraged customers to hand in old rubber boots and rubber waste (swipe →). Then we regenerated the rubber into new products. Recycling at its very finest. We carry that heritage on and today we use recycled fabrics in almost all of our products. #Tretorn #EcoEssentials

A post shared by @ tretorn on

Leave a Comment
LATEST NEWS
POPULAR
REVIEW
SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER